banner 728x90

11 Tips Sukses Mendekorasi Rumah Minimalis – Kompas.com – KOMPAS.com

11 Tips Sukses Mendekorasi Rumah Minimalis
JAKARTA, KOMPAS.com – Desain rumah minimalis digemari banyak orang. Ciri khas desain maupun dekorasi rumah minimalis adalah garis dan interior yang bersih, furnitur fungsional, warna netral, hingga ruangan yang terbuka dan lapang.
Untuk Anda yang ingin mewujudkan dekorasi rumah minimalis, ada beberapa tips yang dapat diikuti. Berikut beberapa di antaranya, seperti dikutip dari Extra Space, Kamis (2/9/2021).
Sebelum Anda memulai dekorasi rumah minimalis, penting untuk memikirkan bagaimana Anda ingin ruangan berfungsi. Jika Anda sering menjamu teman atau keluarga, Anda pasti perlu memastikan ada banyak tempat duduk.
Baca juga: 9 Tips Mendekorasi Rumah Minimalis
Selain itu, jika Anda bekerja dari rumah, maka harus ada ruang kerja bebas gangguan. Apapun tata letak ruangan yang Anda pilih, kunci tampilan rumah minimalis adalah menjaga ruangan tetap terbuka dan lapang.

Ilustrasi interior rumah. SHUTTERSTOCK/Photographee.eu Ilustrasi interior rumah.

Desain rumah minimalis modern adalah tentang menciptakan garis yang bersih dan menarik secara visual.
Furnitur dengan tepi lurus, pintu berbentuk persegi dan bukan melengkung, serta dekorasi geometris hanyalah beberapa cara untuk mendesain ruangan yang nyaman dilihat.
Warna cat dinding netral adalah komponen utama dari desain yang keren dan sederhana. Warna putih, pink pastel, krem, cokelat, dan warna tanah adalah pilihan warna dinding yang bagus untuk menjaga rumah tetap cerah, tenang, dan rapi.
Baca juga: 6 Tanaman yang Cocok Diletakkan di Taman Minimalis
Jika Anda tetap ingin mengaplikasikan warna selain warna netral, gunakan skema warna monokromatik di salah satu ruangan di rumah.
 
Sama seperti dinding, lantai di rumah juga dapat membantu mencerahkan dan membuka ruang. Lantai kayu ringan, beton yang dipoles, dan ubin putih akan memberi nuansa minimalis modern di rumah.
Jika Anda menikmati tampilan lantai kayu tetapi tidak ingin menghabiskan banyak uang, pasang lantai vinil berwarna terang sebagai alternatif yang terjangkau.

Ilustrasi interior rumah paduan minimalis dan boho chic.SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi interior rumah paduan minimalis dan boho chic.

Jendela besar yang memungkinkan banyak cahaya alami akan membuat ruangan minimalis terlihat lebih besar dan lebih hangat.
Baca juga: 5 Tips Menciptakan Teras Minimalis dan Asri di Rumah
Selain itu, jendela sangat bagus untuk bertindak sebagai titik fokus di ruangan mana pun, terutama jika Anda memiliki pemandangan yang bagus.
Cukup tambahkan tirai tipis sepanjang lantai yang sesuai dengan tema warna Anda untuk privasi.
Jika tidak memungkinkan merenovasi jendela atau Anda menyewa rumah, cermin adalah pengganti jendela yang baik. Cermin tidak hanya dapat membantu membuka ruang kecil, tetapi juga sangat baik untuk dekorasi minimalis karena sederhana, fungsional, dan bergaya.
Perlengkapan lampu di rumah minimalis harus sederhana sekaligus memberikan penerangan yang maksimal. Pilih lampu gantung, lampu track, atau sconce dinding yang hadir dalam warna netral dan desain sudut tajam untuk memberikan nuansa artistik pada ruangan.
Baca juga: 5 Ide Teras Rumah Minimalis dan Estetis
Anda juga dapat memilih pencahayaan yang memiliki lapisan emas atau tembaga untuk elemen dekorasi tambahan.
 
Tingkatkan tampilan rumah minimalis dengan tangga yang khas. Tangga apung, tangga dengan panel kaca, dan tangga dengan punggung terbuka adalah tren populer yang ditemukan di rumah minimalis.
Apakah Anda membutuhkan ide desain untuk rumah minimalis besar atau kecil, furnitur hemat tempat adalah suatu keharusan.

Ilustrasi interior rumah bergaya Skandinavia.SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi interior rumah bergaya Skandinavia.

Tambahkan meja atau bangku dengan potongan sederhana ke ruang tamu untuk mendapatkan lebih banyak tempat duduk atau area permukaan yang dapat dengan mudah disimpan saat tidak digunakan.
Baca juga: 5 Tips Membuat Dapur Kecil Tampak Minimalis dan Menarik
Furnitur yang memiliki banyak fungsi mencegah rumah terlihat berantakan secara visual. Gunakan kembali lemari lama dan ubah menjadi meja untuk kamar tidur, atau letakkan nampan kayu di bangku dan gunakan sebagai meja konsol dan tempat duduk saat menjamu tamu.
Gunakan furnitur atau wadah penyimpanan Anda tidak hanya sesuai fungsinya, namun juga sebagai elemen dekorasi rumah minomalis. Lemari penyimpanan dengan pintu dekoratif, meja kopi dengan kaki berwarna, dan bangku kaki dalam bentuk geometris adalah cara mengagumkan untuk menjaga desain rumah tetap sederhana namun trendi.

Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan.
Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.
Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Kunjungi kanal-kanal Sonora.id
Motivasi
Fengshui
Tips Bisnis
Kesehatan
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source

Empat Rumah di Mubar Hangus Dilalap si Jago Merah – Nawala Media
Empat Rumah di Mubar Hangus Dilalap si Jago Merah – Nawala Media
Publisher – Menulis adalah Bekerja untuk Keabadian
Must read×

Top