banner 728x90

15 Desain Rumah Minimalis Sederhana, Tapi Tetap Modern Terbaru 2022 – detikcom

Desain rumah minimalis adalah rumah yang memprioritaskan hal esensial. Ternyata, ada banyak pilihan contoh desain rumah minimalis 2022 yang bisa jadi referensi kamu.
Saat ini, desain rumah minimalisme yang menyederhanakan bentuk rumah telah menjadi gaya hidup modern. Dikutip dari laman The Spruce, ciri-ciri atau karakteristik desain rumah minimalis yaitu setiap bangunan, objek, interior desain tak terlepas dari fungsi intinya.
Gaya visual desain rumah minimalis bisa dipengaruhi sejarah arsitektur, interior, seni, grafis, mode, dan aspek desain lainnya.
Rumah minimalis cenderung dibangun dengan materi terbatas, warna netral, dan bentuk sederhana untuk mencapai keanggunan yang murni.
Desain rumah minimalis saat ini sedang banyak digemari para pemburu rumah, khususnya pasangan milenial yang baru menikah. Nah, berikut adalah inspirasi contoh desain rumah minimalis sederhana dan modern yang bisa jadi referensi buat kamu!

Rumah desain minimalis ini cocok untuk keluarga berjumlah 4 orang. Rumah minimalis ini menggunakan elemen kayu. Lantainya berornamen sama untuk seluruh rumah, yang menggabungkan warna putih, untuk menciptakan ruangan yang lebih besar.

Rumah ini bisa jadi inspirasi desain rumah modern minimalis di lahan terbatas. Rumah 2 lantai ini berdiri kokoh di gang sempit dan nampak sederhana dari luar. Meski begitu, dalam area rumah juga terdapat ruang terbuka yang menghubungkan ruangan di dalamnya.

Rumah desain minimalis ini terdiri dari 3 lantai, dengan model mezzanine dan rooftop. Lantai pertama difungsikan sebagai dapur dan ruang makan yang dibuat menyatu. rumah minimalis ini berdiri di atas lahan 50 meter, dengan bagian dalam rumah yang nyaman.

Desain rumah minimalis ini dibuat oleh arsitek utama Niranjan C Warrier. Rumah 2 lantai ini memiliki 3 ruang tidur, 2 toilet, ruang tamu, ruang makan, dapur, hingga ruang untuk ibadah. Materialnya terbuat dari blok lumpur interlocking kelas dua, dengan atap beton.

Contoh referensi rumah minimalis berbentuk persegi ini berdiri di atas sebidang tanah luas, yang ditekankan dengan belokan kecil, untuk mempertahankan garis area yang dibangun. Bangunan rumah ini nyaman digunakan dan fungsional.
Ada pembagian ruang menjadi empat zona fungsional, seperti zona hidup (dapur, ruang makan, dan ruang tamu), zona istirahat-tidur (ruang tidur utama dengan lemari pakaian dan batch, 2 kamar tidur untuk anak-anak), zona SPA (Jacuzzi dan ruang rekreasi, sauna, WC dan pancuran), garasi dan zona ruang utilitas. Zona-zona ini terhubung dengan koridor yang luas dan halaman interior tipe terbuka.

Desain rumah minimalis musim panas ini terletak di di Vaana-Joesuu. Rumah ini seperti memiliki pola dasar seperti tepee atau lereng curam. Bentuknya seperti tenda minimalis, yang sering digunakan dalam arsitektur cottage di daerah tersebut di tahun 1970-an. Rumah terlihat menyatu dengan lingkungan sekitarnya.

Rumah ini dirancang oleh seniman yang berbasis di Chicago Theaster Gates. Rumah dengan bentuk silinder ini, merujuk pada tempat pembakaran sarang lebah di Amerika, dan mirip tempat pembakaran botol Inggris.
Secara sekilas, rumah di Paviliun Serpentine Gates ini mengungkapkan kesejajaran dengan struktur keagamaan Ando. Dinding berpanel terbuat dari kayu lapis, yang dicat membentuk interior gelap, hanya diterangi oleh oculus dan pintu keluar-masuk setinggi hampir sepuluh meter.

Rumah minimalis ini merupakan hasil karya Minimalist Architecture & Design Studio. Dalam segi konsep rumah, arsitek mempertimbangkan keinginan pemilik rumah untuk membangun nuansa alami, di tengah pelataran hijau.
Bidang bangunan menghasilkan konsekuensi estetika dan sensorik yang jelas, dengan warna antara abu-abu butch dan brutal di eksterior, serta nuansa putih lembut dan canggih yang terlihat pada interiornya.

Rumah ini hasil karya arsitek asal Jepang bernama Muryana dan Kato. Arsiteknya menambahkan “margin” berbentuk setengah bulan, untuk memperluas garis yang menghubungkan “rumah” di sisi Utara dan “taman” di sisi Selatan. Margin merupakan bentuk perpanjangan yang kurang dari 10㎡, dengan hanya memiliki lebar maksimum 1,2 m.

Desain rumah ini di dalamnya menghadirkan ruang tamu, ruang makan, dan area dapur. Lantai Pertama berisi kamar tidur utama dengan balkon, ruang tamu, serta kamar tidur tambahan. Meskipun terkesan sebagai bangunan sempit, ruang interior ini mampu memasukkan cahaya dan sirkulasi udara.
Desain ini memanfaatkan kemiringan memanjang dari lokasi melalui pelat lantai yang diturunkan mengikuti kontur alami tanah. Dalam prosesnya juga mengoptimalkan biaya pondasi.

Rumah ini menyediakan dua halaman, satu di dekat jalan masuk dan satunya di antara ruang tamu dan ruangan lain. Kedua pelataran yang ada akan memungkinkan angin bertiup dari Utara ke Selatan. Desain minimalis modern karya Takanobu Kishimoto ini cocok untuk menjadi inspirasi rumah keluarga.

Rumah ini terinspirasi oleh hutan, laut, dan langit laut Salish. Selain itu, desain rumah minimalis oleh Chadbourne dan Arsitek Doss ini mendukung gaya hidup aktif penghuninya. Rumah tersebut menempati area sudut kota di bukit Queen Anne di Seattle, dengan luas 5.500 kaki persegi.

Rumah minimalis karya arsitek Toshiyuki Igarashi ini terletak di sebuah bukit yang menghadap ke laut bagian Selatan, pulau utama Okinawa. Pemiliknya menginginkan sebuah rumah terbuka. Anggaran yang terbatas, memutuskan fungsi area ruangan minimum, diatur secara terpisah di ruang aula dan kotak sebagai tempat berteduh.

Desain rumah minimalis ini adalah proyek yang direncanakan sebagai detasemen yang mengembangkan sebagian halaman belakang rumah. Ruangan dibuat bergaya Jepang dan sangat memperhatikan insulasi kedap udara, dengan memperkenalkan siklus udara insulasi panas di luar.

Posisi yang dipilih pada kawasan rumah memberikan prospek yang menarik. Terlihat pohon-pohon di sekitarnya, menawarkan kesan perlindungan dengan memberikan rasa keseimbangan yang dinamis.
Aspek tampilan gimnasium yang dapat dihubungkan ke kamar tamu di bawahnya melalui tangga internal. Tipe suite tamunya juga bisa dilakukan pembaruan dengan tata letak terbuka, sentuhan akhir, dan beberapa perabotan.
Dikutip dari laman zenhabits, berikut adalah tips agar membuat rumah terlihat minimalis:
Sebuah karya seni sederhana bisa kamu tambahkan di beberapa ruangan agar tidak membosankan. Contohnya kamu bisa menempatkan lukisan, gambar, atau foto yang dibingkai dengan warna solid yang netral. Kamu juga perlu membiarkan beberapa dinding kosong, jika memungkinkan ya.
Tips membuat rumah minimalis yaitu dengan memberikan percikan warna cerah di dalam ruangan. Tapi, sebagian besar ruangan harus menggunakan warna yang lebih halus alias kalem.
Putih adalah warna minimalis klasik, tetapi kamu juga sebenarnya bisa memilih warna solid apa pun. Intinya pilih warna yang tidak membuat mata stres, contohnya seperti biru, cokelat, cokelat, atau hijau.
Kita perlu menyimpan semua barang-barang di tempat yang tak terlihat, seperti di laci dan lemari. Misalnya, rak buku yang ada bisa digunakan untuk menyimpan buku, DVD, atau barang-barang lainnya.
Ciri rumah rumah minimalis adalah ada ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai fungsi. Carilah tempat-tempat logis yang dekat dengan tempat benda-benda yang sering digunakan. Hal itu dilakukan untuk membuat segala sesuatunya lebih efisien.
Tips membuat rumah minimalis yaitu memperhatikan satu atau dua dekorasi sederhana yang bisa jadi aksen untuk ruangan minimalis. Vas bunga atau pot tanaman kecil merupakan dua contoh klasik.
Jika sisa ruangan rumah minimalis kamu memiliki warna yang kalem, tambahan dekorasi sederhana ini bisa menggunakan warna cerah seperti merah, atau kuning, untuk menarik perhatian dan memberi kesan energi pada ruangan polos.
Beberapa kelebihan dan manfaat desain rumah minimalis, antara lain:
Itu tadi contoh desain rumah minimalis terbaru 2022 yang bisa jadi referensi kamu dalam membeli maupun membuat rumah minimalis modern. Detikers paling suka desain rumah minimalis yang mana nih?

source

Must read×

Top