banner 728x90

5 Cara Membersihkan Furnitur Kayu, Pakai Pasta Gigi hingga Mayones – Kompas.com – KOMPAS.com

5 Cara Membersihkan Furnitur Kayu, Pakai Pasta Gigi hingga Mayones
JAKARTA, KOMPAS.com – Ada banyak produk yang dijual di pasaran untuk membersihkan dan memoles furnitur kayu. Namun demikian, sebenarnya Anda tidak perlu menggunakan produk-produk komersial tersebut untuk membersihkan furnitur kayu.
Sebaliknya, Anda dapat menggunakan produk-produk yang kemungkinan sudah ada di dapur dan rumah Anda untuk membersihkan furnitur kayu. Misalnya, Anda dapat menggunakan pasta gigi hingga mayones.
Dikutip dari Lifehacker Australia, Kamis (21/7/2022), jika furnitur kayu Anda cukup baru dan dilengkapi dengan instruksi dari produsen tentang cara membersihkannya, maka ikuti itu.
Baca juga: Cara Mengatasi Serangan Rayap pada Kusen Kayu

Ilustrasi membersihkan furnitur kayu. SHUTTERSTOCK/BEN BRYANT Ilustrasi membersihkan furnitur kayu.

Selain itu, perlu diingat bahwa banyak furnitur “kayu” modern sering kali terbuat dari kayu laminasi atau veneer, yang mungkin memiliki instruksi perawatan yang berbeda dari kayu solid.
Solusi terbaik adalah menggunakan kain mikrofiber saat membersihkan kayu, karena serat bahan yang kecil mampu menyerap lebih banyak kotoran dan debu daripada jenis kain lainnya. Anda sebaiknya memiliki beberapa lembar kain mikrofiber.
Berikut adalah beberapa cara membersihkan furnitur kayu.
Jika Anda membersihkan furnitur kayu yang saat ini digunakan atau dipajang di rumah, seka dengan kain mikrofiber kering, gosok bekas sidik jari atau noda yang ada.
Baca juga: Ketahui, Ini Plus Minus Menggunakan Lantai Kayu Laminasi di Dapur
Untuk noda lengket yang membandel, basahi sedikit kain mikrofiber dan gosok perlahan area yang lengket sampai hilang. Jika noda belum hilang, campur sedikit sabun cuci piring dengan air hangat.
Basahi kain mikrofiber, dan ulangi langkah-langkah di atas.

Ilustrasi pasta gigifreepik Ilustrasi pasta gigi

Oleskan lapisan tipis pasta gigi non-gel ke noda lingkaran air atau noda lain pada furnitur kayu. Biarkan selama lima menit, tetapi jangan lebih dari itu, agar pasta gigi tidak menodai kayu.
Kemudian, gosok menggunakan kain mikrofiber kering. Berhati-hatilah untuk hanya menggosok noda air, hindari area di sekitarnya sebanyak mungkin.
Baca juga: 5 Langkah Memasang Wallpaper di Permukaan Dinding Kayu
Seperti pasta gigi, mayones juga dapat digunakan untuk membersihkan noda air yang terperangkap pada furnitur kayu. Gunakan jari atau spatula untuk mengoleskan mayones ke noda dengan gerakan melingkar.
Biarkan selama satu jam, lalu periksa area noda untuk melihat apakah sudah hilang. Jika ya, bersihkan mayones dengan satu kain, lalu keringkan dengan kain lainnya.
Jika Anda ingin membersihkan furnitur kayu dengan larutan pembersih buatan sendiri, berikut bahan dan alat yang dibutuhkan.
Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Pintu Kayu
Tuangkan semua bahan ke dalam botol semprot kosong, dan kocok dengan baik. Untuk menggunakannya, cukup semprotkan pada furnitur kayu, dan gunakan kain mikrofiber untuk mengelapnya.
Ingin membersihkan furnitur kayu yang kotor dan membuatnya bersinar? Campurkan minyak zaitun, alkohol terdenaturasi, gum terpentin, dan jus lemon dengan perbandingan yang sama.
Kemudian aplikasikan dengan kain mikrofiber, dan gosok dengan kain mikrofiber kering dan bersih yang berbeda.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Kunjungi kanal-kanal Sonora.id
Motivasi
Fengshui
Tips Bisnis
Kesehatan
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source

Must read×

Top