banner 728x90

5 Karakteristik Rumah Minimalis, Cirinya Antara lain Didominasi Satu Warna – Gaya Tempo.co

atau cari berdasarkan hari
Rumah minimalis. homedesign.lakbermagazin.hu
TEMPO.CO, Jakarta – Rumah minimalis memiliki daya tarik tersendiri. Dilansir dari laman safestone.com, hal ini karena elemen minimal yang digunakan dalam rumah minimalis justru dapat meningkatkan kesan yang indah.
Selain itu, desain rumah minimalis juga tampil dalam gaya yang berani melawan gaya mainstream sehingga tidak membosankan. Kesederhanaan dalam rumah minimalis juga menjadi daya tarik tersendiri karena jauh dari kesan mewah yang identik dengan pemborosan.
Dilansir dari laman yr-architecture.com, berikut karakteristik rumah minimalis.
1. Bentuk Sederhana dan Fungsionalis
Desain rumah minimalis harus sederhana dan efisien. Hal ini dimaksudkan agar area dan ruang dalam rumah terkesan lega.
Desain ini dapat dilihat dari bentuk rumah yang sederhana, dinding interior yang minim aksesoris dan gaya, dan memanfaatkan pencahayaan alami dari matahari. Intinya, kesederhanaan adalah kunci dari desain rumah yang minimalis.
2. Aksesoris dan Dinding yang Simpel
Penggunaan penutup dinding sekaligus penutupnya yang biasanya berupa cat dibentuk dalam gaya yang simpel dan tidak rumit. Meskipun jauh dari kesan yang ramai, tetapi hal ini justru dapat menjadi daya tarik secara visual dalam menyampaikan dan mengeskpresikan karakteristik rumah minimalis.
3. Ruangan yang Bersih dan Penggunaan Cahaya Alami
Rumah yang minimalis selalu memiliki ruang yang bersih, terbuka, dan menggunakan cahaya alami. Penggunaan warna yang netral dalam desain rumah minimalis memainkan peran penting dalam aspek ini.
Selain itu, penggunaan aksesoris yang tidak berlebihan juga memberikan efek rapi dalam rumah yang minimalis. Barang-barang pengisi rumah minimalis juga diisi dengan barang-barang yang memang diperlukan sehingga ruangan dapat menjadi lebih rapi, bersih, dan terkesan lega.
4. Didominasi oleh Satu Warna
Rumah yang minimalis menghindari warna-warna cerah dan berani. Umumnya rumah minimalis akan menggunakan warna netral seperti putih, krem, dan abu-abu. Pemilihan warna netral ini juga termasuk bagian dari mengurangi hal-hal yang kurang penting sehingga filosofi minimalis dapat tercapai.
5. Mengutamakan yang Esensial
Minimalis artinya menghilangkan pemborosan. Apabila sesuatu tidak diperlukan, maka lebih baik disingkirkan. Karena itu, orang yang memiliki rumah minimalis biasanya akan menginventarisir harta benda dan disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan penghuninya.
NAUFAL RIDHWAN ALY 
Baca: Rumah Minimalis: Filosofi, Konsep hingga Fungsionalitasnya
Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.
 
 
Dapatkan ringkasan berita eksklusif dan mendalam sesuai dengan topik pilihan Anda dengan membaca newsletter pilihan Tempo
Pilih Topik
Pemerintah Jawa Timur menemukan lebih dari seribu sapi terjangkit penyakit mulut dan kuku. Kenali gejala dan cara penularan penyakit pada ternak ini.
Tempo Media Group © 2017

source

Empat Rumah di Mubar Hangus Dilalap si Jago Merah – Nawala Media
Empat Rumah di Mubar Hangus Dilalap si Jago Merah – Nawala Media
Publisher – Menulis adalah Bekerja untuk Keabadian
Must read×

Top