banner 728x90

6 Tips Menerapkan Desain Interior Minimalis di Rumah – Kompas.com – KOMPAS.com

6 Tips Menerapkan Desain Interior Minimalis di Rumah
JAKARTA, KOMPAS.com – Menjalani gaya hidup minimalis menawarkan berbagai keuntungan yang melampaui kebersihan belaka.
Mulai dari, mengalami lebih sedikit stres, memiliki pikiran lebih jernih, lebih produktif, dan memiliki tujuan ketika memilih untuk hidup dengan lebih sedikit barang
Baca juga: Tips Memulai dan Menerapkan Gaya Hidup Minimalis di Rumah
Namun, sebelum menerapkan gaya hidup minimalis ke semua aspek kehidupan Anda, sebaiknya memulainya dari suatu tempat. Tempat terbaik memulainya adalah menerapkan desain interior minimalis.
Mulailah menjalani gaya hidup minimalis dengan menciptakan rumah yang mencerminkan nilai-nilai Anda. Tidak yakin memulainya? 
Nah, dilansir dari My Decorative, Senin (20/6/2022), berikut tips menerapkan desain interior minimalis di rumah. 
Baca juga: Ragam Manfaat Menjalani Gaya Hidup Minimalis, Hemat Uang dan Ruang 

Ilustrasi merapikan pakaian, ilustrasi decluttering atau menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan sebagai bagian dari gaya hidup minimalis. Shutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi merapikan pakaian, ilustrasi decluttering atau menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan sebagai bagian dari gaya hidup minimalis.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah merapikan ruangan dan pastikan semuanya berfungsi. Landasan dari desain interior minimalis adalah ide yang lebih sedikit.
Untuk menerapkan desain interior minimalis, Anda harus menyingkirkan segala sesuatu yang tidak perlu di rumah. 
Misalnya, tumpukan kertas, surat lama, sepatu, selimut, bantal, buku-buku tua, bahkan video game dan instrumen yang jarang digunakan. 
Baca juga: Mengenal Gaya Hidup Minimalis yang Bikin Lebih Bahagia dan Nyaman
Meja dapur, meja ruang makan, dan ruang tamu adalah tiga ruangan paling berantakan di rumah mana pun.
Jika ingin membuat ruang tamu yang benar-benar minimalis atau rumah minimalis pada umumnya, semua permukaan harus dibersihkan dari barang-barang yang tidak perlu dan disimpan agar tidak terlihat.
Sederhanakan segalanya untuk menentukan mana barang yang penting dan tidak. Simpan barang yang masih digunakan dengan rapi dan singkirkan yang tidak digunakan. Teruslah menelusuri ruangan-ruangan di rumah setiap hari untuk mengulangi proses ini.  
Baca juga: 5 Ide Mendekorasi Ruang Tamu Kecil dengan Prinsip Minimalis

Ilustrasi ruang tamu minimalisUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi ruang tamu minimalis

Berbeda dengan gaya desain interior lainnya, ruang merupakan bagian integral dari desain interior minimalis.
Ketika memiliki banyak dinding atau sudut bebas, hal ini berkontribusi pada keseluruhan ruang yang terasa lapang, ringan, dan terbuka. Ingatlah bahwa ruang kosong tidak membosankan. 
Saat memiliki dinding atau bagian lantai yang bebas, ini akan menonjolkan warna cat dan pilihan lantai yang indah. 
Baca juga: 5 Desain untuk Mewujudkan Eksterior Rumah Minimalis
Salah satu tantangan terbesar dari desain interior minimalis adalah bekerja dengan beberapa item dan perabot yang Anda pilih untuk disimpan.
Setelah membuat pilihan, sulit untuk memutuskan barang mana yang disertakan dan mana yang tidak. Namun, hal ini akan membuat hasil Anda akan terlihat lebih dirancang dengan cermat.
Tujuan utama desain interior minimalis adalah menciptakan ruang yang membuat siapa saja merasa nyaman menghabiskan waktu di dalamnya.
Dengan demikian, Anda ingin membeli dan memutuskan barang-barang yang berkualitas tinggi. Hentikan kebiasaan pembelian impulsif pada barang-barang trendi. Ingat kualitas lebih penting daripada kuantitas. 
Sebagai gantinya, pilih produk berkualitas dan bertahan lama sehingga tahan terhadap penggunaan sehari-hari.  
Baca juga: 8 Tips Mendesain Kamar Tidur Apartemen Bergaya Minimalis 

Ilustrasi kamar mandi minimalis, ilustrasi kamar mandi mewah.Shutterstock/ImageFlow Ilustrasi kamar mandi minimalis, ilustrasi kamar mandi mewah.

Interior minimalis dengan terlalu banyak nada netral bisa terasa hambar, menjemukan, dan membosankan.
Untungnya, ada satu trik sederhana yang dapat dilakukan untuk menambah intrik pada desain interior minimalis.
Pastikan aksesori, potongan aksen, dan item furnitur di ruangan memiliki tekstur. Selama semuanya dalam nada yang sama, jangan ragu sedikit liar dengan item sentuhan sensorik.
Misalnya, sertakan karpet beludru atau shaggy, bantal manik-manik, atau kain rajutan untuk berbagai tekstur. 
Baca juga: 7 Tips Menghadirkan Patio Minimalis di Halaman Rumah

Ilustrasi ruang keluarga bergaya Skandinavia atau minimalis. SHUTTERSTOCK/Followtheflow Ilustrasi ruang keluarga bergaya Skandinavia atau minimalis.

Gaya desain interior minimalis menggunakan sedikit barang, dari aksesori, furnitur, hingga berbagai benda.
Jadi, apa yang dipilih untuk ditempatkan di ruang akan diperhitungkan lebih banyak. Hidup minimalis berarti memilih fungsi daripada kelebihan dan sebagaimana dinyatakan di atas, memilih kualitas daripada kuantitas.
Itulah mengapa harus berinvestasi dalam furnitur minimalis yang berkualitas tinggi dan pengerjaan yang sangat baik. Lewati barang-barang trendi dan pilih perabot klasik yang tidak akan segera ketinggalan zaman. 
Baca juga: 4 Tips Menciptakan Dapur Minimalis yang Bebas Berantakan
Hidup minimalis tidak meninggalkan ruang untuk kekacauan atau kelebihan. Karena itu, ruang penyimpanan adalah sesuatu yang harus dimiliki dalam desain interior minimalis.
Letakkan ruang penyimpanan di lokasi yang rentan mengalami kekacauan sehingga memudahkan membereskan barang sepanjang hari.
Misalnya, jika pintu masuk rumah adalah tempat Anda cenderung meninggalkan barang, letakkan tempat penyimpanan minimalis di lemari pintu masuk atau bawah meja pintu masuk.
Terapkan tips gaya hidup minimalis ini ke setiap ruangan di rumah. Simpan ruang penyimpanan atau unit di setiap ruangan yang dapat dengan mudah ditutup dan menyatu dengan desain keseluruhan.

Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan.
Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.
Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Kunjungi kanal-kanal Sonora.id
Motivasi
Fengshui
Tips Bisnis
Kesehatan
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source

Empat Rumah di Mubar Hangus Dilalap si Jago Merah – Nawala Media
Empat Rumah di Mubar Hangus Dilalap si Jago Merah – Nawala Media
Publisher – Menulis adalah Bekerja untuk Keabadian
Must read×

Top