banner 728x90

7 Museum Bersejarah di Semarang: Ada Eks Stasiun Kereta hingga Pabrik Jamu – detikcom

Sejumlah museum di Semarang, Jawa Tengah menyimpan kisah menarik di masa lampau yang unik dan menarik. Ada stasiun yang disulap menjadi museum hingga museum jamu pertama di Indonesia.
Mengutip situs resmi Pemkot Semarang semarangkota.go.id berikut ke-7 museum bersejarah di Semarang itu:
Museum ini dulunya merupakan stasiun kereta api yang kini difungsikan sebagai museum. Lokasinya sekitar 20 km dari Ungaran, Kabupaten Semarang.
Museum Kereta Api Ambarawa memiliki salah satu kereta api uap dengan Lokomotif Nomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabriek Esslingen, kereta api yang pernah berjaya pada zamannya, yang sampai sekarang masih dapat menjalankan aktivitas sebagai kereta api wisata.
Stasiun kereta api konon dibangun atas permintaan Raja William I. Stasiun kereta ini dulu digunakan untuk mengangkut pasukan. Namun pada tahun 1970, stasiun ini ditutup, sehingga jalur dari Magelang-Semarang-Yogyakarta sudah beroperasi lagi.
Pada tahun 1976, Gubernur Jawa Tengah, Soepardjo Roestam, mengubah fungsi stasiun ini menjadi Museum Kereta Api. Bagian museum ini masih orisinal karena terpelihara dengan baik. Berkunjung ke museum ini membawa pengunjung ke masa kejayaan kereta dari Nederlandsch-Indische Maatschappij Spoorweg.
Lokasi museum ini ada di Jl Setasiun No 1 Ambarawa, Kabupaten Semarang.
Bangunan ini pertama kali dirancang sebagai Raad van Justitie atau Pengadilan Tinggi bagi golongan rakyat Eropa di Semarang. Perancangnya adalah arsitek I. Kuhr E. dari Firma Ooiman dan van Leeuwen, dan dibangun sekitar tahun 1930. Tahun 1950-an bangunan ini digunakan oleh Kodam IV Diponegoro sebagai Markas Besar Komando Wilayah Pertahanan II.
Museum Mandala Bhakti Semarang ini merupakan museum perjuangan TNI. Museum Mandala Bhakti Semarang ini menyimpan beberapa koleksi tentang data, dokumentasi, persenjataan TNI baik yang tradisional hingga senjata yang modern. Serta alat-alat yang digunakan untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.
Museum ini memiliki koleksi sejarah, alam, arkeologi, kebudayaan, era pembangunan dan wawasan nusantara. Nama museum ini diambil dari nama pujangga Ranggawarsita, yang terkenal dengan hasil karyanya dalam bidang filsafat dan kebudayaan.
Museum Ranggawarsita mempunyai koleksi yang berjumlah 59.802 buah yang terbagi dalam 10 jenis, yaitu geologi, biologi, arkeologi, historika, filologi, numismatic, heraldika, kramologika, teknologika, ethnografika dan seni rupa
Museum ini berlokasi di Jl Abdulrahman Saleh No 1 Kalibanteng Kulon Semarang. Museum ini buka setiap hari dan beroperasi pukul 08.00-16.00 WIB.
Museum Jamu Nyonya Meneer merupakan satu museum jamu yang pertama di Indonesia. Museum jamu ini didirikan pada 18 Januari 1984 yang bertujuan untuk media edukasi dan serta rekreasi untuk generasi muda.
Bangunan museum Nyonya Meneer ini menganut gaya rumah Jawa yan beraksen kayu. Museum ini terbuka untuk umum, bisa datang langsung ke lokasi di atas, namun jika akan datang berkelompok dengan jumlah lebih dari 25 orang diharapkan menghubungi terlebih dahulu 1 minggu sebelumnya.
Lokasi Museum jamu ini di seberang kampus Universitas Sultan Agung UNISSULA Semarang.
Museum Rekor Dunia Indonesia didirikan atas prakarsa Jaya Suprana di kawasan industri Jamu Jago Jalan Perintis Kemerdekaan Semarang pada 27 Januari 1990. Museum Rekor Dunia Indonesia kemudian lebih popular dengan sebutan MURI yang diberikan oleh Soepardjo Roestam pada upacara peresmian MURI.
Museum Rekor Dunia Indonesia terbuka untuk kunjungan umum tanpa dipungut biaya, setiap hari kerja Senin sampai Jumat mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 14.00. Untuk kunjungan siswa sekolah rombongan turis, lembaga dianjurkan membuat reservasi kunjungan selambat-lambatnya dua minggu di muka ke kantor MURI.
Museum ini mencatat perkembangan Islam di Jawa Tengah. Bermacam artefak seperti Iluminasi Al Qur’An, Wayang golek Menak, Wayang Sadat, Gayor Masjid Sunan Muria, Gamelan, Ornamen Dua Sisi, Ornamen Masjid Mantingan, Keramik, Koleksi peninggalan Islam Awal, Artefak Kapal dagang, Miniatur menara Kudus tersimpan di museum ini.
Museum ini berada di lantai 2 dan 3 dari Tower Asmaul Husna di kompleks Masjid Agung Jawa Tengah yang berada di Jalan Gajah Semarang. Jam layanan museum ini pada Selasa-Minggu pukul 08.00-15.00. Hari Senin libur.
Museum ini merupakan sebuah monumen yang menjadi simbol untuk mengenang pertepuran Ambarawa pada 12-15 Desember 1945. Monumen ini dibangun pada tahun 1973 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 15 Desember 1974.
Tak hanya relief, ada beberapa tank kuno, hingga meriam yang digunakan dalam pertempuran ada di area Monumen Palagan Ambarawa ini. Salah satu yang mencuri perhatian yakni pesawat Mustang P 51 Cocor Merah Belanda yang berhasil ditembak jatuh ke dalam Rawa Pening.
Alamat museum ini ada di Jl Setasiun No 1 Ambarawa.

source

Tags: #Rumah Kayu

Model Rumah Kayu Minimalis yang Asri dan Eksklusif – HarapanRakyat.com
Model Rumah Kayu Minimalis yang Asri dan Eksklusif – HarapanRakyat.com
Model rumah kayu minimalis mungkin jarang ditemukan
Must read×

Top