banner 728x90

Bosan Dengan kehidupan Kota? Di Desa Wisata Edukasi Kampung Tajur, Anda Bisa Merasakan 'Ngawuluku Munding' – Desk Jabar – DeskJabar

DESKJABAR – Bagi yang biasa hidup di kota metropolis, merasakan udara segar pegunungan di pagi hari, pergi ke sawah bersama para petani atau menjala ikan di kolam ikan boleh jadi kegiatan yang hampir sulit dilakukan.
Kegiatan keseharian masyarakat pedesaan yang sudah jarang ditemui di kota-kota besar itu, bisa ditemui di kawasan wisata edukasi yang ada di Kab. Purwakarta Jawa Barat.
Berada di kaki gunung Burangrang dengan alam pedesaan yang berhawa sejuk, kawasan wisata edukasi Kampung Tajur telah dibuka untuk umum sejak tahun 2004 lalu melalui gagasan Dedi Mulyadi yang saat itu menjadi wakil Bupati Purwakarta.
Ditetapkannya Kampung Tajur di desa Pesanggrahan Kec Bojong Kab. Purwakarta sebagai kawasan wisata edukasi membuat kehidupan desa ini lebih menggeliat dibanding sebelumnya.
Baca Juga: Jadwal Pertandingan Grup A, B dan C Piala AFF U 16 2022 Berikut Klasemen, Indonesia Kapan Main Lawan Siapa?
Sekitar 45 rumah panggung yang dindingnya terbuat dari bilik dengan atap ijuk menjadi paket wisata edukasi yang menarik bagi pengunjung yang ingin merasakan heningnya suasana pedesaan pada malam hari.
Tidur di rumah panggung dengan alas anyaman bambu dan dapur yang masih menggunakan kayu bakar untuk memasak.
Pagi atau sore hari pengunjung yang bermalam di kampung wisata edukasi Tajur bisa duduk leyeh-leyeh di atas tikar di tengah rumah atau di golodog (teras rumah) sambil menyantap rebus kentang, ubi dan goreng pisang serta segelas kopi kental yang disediakan pemilik rumah.
Menjelang jam makan, pengunjung atau tamu yang bermalam bisa merasakan masakan lembur yang disediakan oleh pemilik rumah. Sayur Lodeh, Sayur Asam, Goreng Ayam, Goreng Ikan, tahu dan tempe, karedok, pencok kacang panjang dengan nasi liwet.
Baca Juga: KASUS SUBANG Sampai Dimana? Ini Jawaban Menohok Kapolda Jabar, Yosef Hidayah Dikebiri
Editor: Sanny Abraham
Sumber: Wawancara liputan
Jl. PLN Ciateul No. 6, Kecamatan Regol, Kota Bandung
Email : deskjabar@gmail.com
PT Kolaborasi Mediapreneur Nusantara
Jl. Asia Afrika No. 75
Bandung – Jawa Barat, 40111, Ph. 022-4241600
Email: prmnnewsroom@pikiran-rakyat.com
©2022 Pikiran Rakyat Media Network

source

Momen HUT RI, Air Mata Rosti Simanjuntak Menetes di Kayu Salib Brigadir J: Gak Kuat Mamak Nak – Tribun Medan
Momen HUT RI, Air Mata Rosti Simanjuntak Menetes di Kayu Salib Brigadir J: Gak Kuat Mamak Nak – Tribun Medan
TRIBUN-MEDAN.com – Suasana kemerdekaan di Keluarga Brigadir Yosua Hutabarat atau Briagdir J
Must read×

Top