banner 728x90

Cara Memutihkan Gigi dengan 10 Bahan Alami – detikcom

Gigi putih dan bersih tentu merupakan keinginan setiap orang. Selain bagus untuk kesehatan, kondisi gigi yang putih dan bersih juga bisa menambah rasa percaya diri terutama saat berinteraksi dengan orang lain.
Dikutip dari detikHealth, gigi berubah warna dari putih menjadi kuning sebetulnya timbul karena faktor kebiasaan kita masing-masing. Mulai dari kebiasaan meminum teh dan kopi, malas menggosok gigi khususnya di pagi dan siang hari, terlalu banyak makan permen, mengkonsumsi alkohol, merokok hingga minum-minuman berkarbonasi atau minuman bersuplemen.
Karena kondisi itu, tak jarang untuk mendapatkan gigi yang putih dan bersih, seseorang sampai rela merogoh kocek yang tidak sedikit demi perawatan yang khusus. Cara ini tentunya tak bisa dilakukan sembarangan orang.
Tapi, untuk merawat gigi kembali menjadi putih dan bersih, kini ada bahan-bahan alami yang bisa dicoba untuk digunakan secara rutin oleh kita. Berikut rangkuman detikJabar cara memutihkan kembali gigi yang menguning:
1. Siwak
Siwak sudah digunakan sejak dulu karena khasiatnya yang ampuh mengatasi gigi berlubang dan bau mulut. Selain itu, siwak juga digunakan sebagai alat tradisional pembersih gigi yang memiliki manfaat pemutih gigi alami, lho.
Adapun cara menggunakan siwak untuk memutihkan gigi yaitu
– Gosokkan batang siwak secara merata ke gigi.
– Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
2. Garam
Selain sifatnya yang antibakteri untuk mengatasi gigi berlubang, garam juga bisa menjadi salah satu cara memutihkan gigi secara alami. Adapun cara menggunakannya yaitu:
– Campurkan garam dan air hingga larut
– Berkumur-kumur sebanyak 2-3 kali sehari
3. Arang kayu
Arang kayu memiliki kandungan alkali yang mampu mengikis noda kuning yang menempel pada gigi. Itu sebabnya arang kayu dipercaya sebagai cara memutihkan gigi secara alami dan cepat. Adapun cara menggunakannya yaitu:
– Ambil secuil arang kayu
– Haluskan dan tambahkan perasan air lemon.
– Sikat gigi menggunakan olahan kayu tersebut dengan merata.
Namun, perlu diingat, menggunakan arang kayu yang terlalu sering justru dapat mengikis lapisan enamel pada gigi. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan cara ini hanya beberapa kali dalam seminggu.
4. Kulit pisang
Kulit pisang memiliki kandungan potasium, magnesium, dan mangan yang mampu mencerahkan gigi dengan cepat. Adapun cara memutihkan gigi dengan kulit pisang yaitu:
– Gosokkan kulit pisang ke bagian gigi secara merata
– Tunggu selama 10 menit
– Bilas dengan bersih
5. Lemon
Kandungan asam pada lemon mampu mengangkat bakteri penyebab gigi kuning. Bahkan, kandungan PH-nya yang seimbang mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi. Adapun cara menggunakan lemon untuk memutihkan gigi yaitu:
– Ambil 1 buah lemon yang masih segar, lalu peras
– Ambil air perasannya dan campur dengan 1 sendok teh baking soda
– Gosokkan adonan tersebut menggunakan sikat ke bagian gigi
6. Kulit jeruk
Kulit jeruk memiliki khasiat untuk membersihkan gigi kuning dan memutihkannya. Adapun cara menggunakan kulit jeruk yaitu:
– Gosokkan kulit jeruk ke bagian gigi secara merata
– Gunakan setiap hari untuk hasil yang maksimal
7. Baking soda
Sifat abrasif dalam baking soda mampu menghilangkan noda kuning pada gigi. Baking soda pun bisa menjadi pilihan sebagai cara memutihkan gigi kuning dengan cepat.
Adapun cara menggunakannya yaitu:
– Ambil baking soda secukupnya dan gosokkan ke bagian gigi
– Diamkan sekitar 3-5 menit
– Kumur-kumur dengan air bersih
8. Cuka apel
Kandungan asam asetat, magnesium, dan potassium dalam cuka apel berfungsi untuk menebas kotoran akibat gigi kuning. Adapun cara menggunakannya yaitu:
– Ambil 1 sendok cuka apel
– Gosokkan secara merata pada bagian gigi
9. Stroberi
Buah satu ini tak hanya menjadi makanan favorit, stroberi juga dipercaya dapat memutihkan gigi secara alami karena memiliki kandungan asam elagat yang bisa mengangkat kotoran dari gigi menguning. Adapun cara menggunakannya yaitu:
– Gosokkan bagian luar buah stroberi ke gigi
– Tunggu hingga 5 menit
– Bilas atau kumur dengan air bersih
10. Apel
Kandungan asam alami dan senyawa astrigen dalam apel dipercaya ampuh memutihkan gigi secara alami. Adapun cara menggunakannya yaitu tinggal gosokkan buah apel langsung ke bagian gigi untuk mengangkat noda kuning.

source

5 Bumbu Dapur yang Ampuh Turunkan Kolesterol Secara Alami – detikFood
5 Bumbu Dapur yang Ampuh Turunkan Kolesterol Secara Alami – detikFood
ADVERTISEMENT Penyakit kolesterol tinggi kini dialami banyak
Must read×

Top