banner 728x90

Cek Pembangunan Embung Mentawai! 3 Embung Terganjal Kawasan Hutan – Padang Express

Tiga dari 12 program pembangunan embung yang dibangun tahun ini oleh Pemkab Mentawai terganjal kawasan hutan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
Di antara lokasi embung yang terganjal tersebut, yakni di Desa Malakopa, Kecamatan Pagai Selatan, Desa Subelen, Kecamatan Siberut Tengah dan Dusun Peigu, Desa Muara Siberut, Kecamatan Siberut Selatan.
Kepala pelaksana BPBD Kepulauan Mentawai, Novriadi Selasa, (28/6) mengatakan, tahun ini baru 9 embung yang sudah dilaksanakan proses lelangnya. Sementara, tiga lainnya akan dilanjutkan tahun berikutnya, karena terganjal dengan kawasan hutan produksi (HP) dan hutan produksi konversi (HPK).
“Jadi, tahun 2022 ini kita hanya bisa melaksanakan pembangunan  sembilan embung guna pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Mentawai. Tahun 2023 kita akan lanjutkan sisanya tiga embung lagi. Jadi, tahun ini kita belum bisa tenderkan yang tiga ini karena izinnya belum keluar,” ungkapnya.
Menurut dia, saat ini pihaknya sedang mengupayakan pengurusan izin kerja sama pemanfaatan kawasan hutan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dia mengatakan, dalam minggu ini tim dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat turun ke lapangan untuk verifikasi.
“Mudah-mudahan dalam minggu ini tim dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat akan turun ke lapangan untuk melakukan verifikasi. Selanjutnya, tahun depan sudah keluar izin kerja sama pemanfaatannya dan bisa dilaksanakan pembangunannya tahun 2023 mendatang,” ujarnya.
Sekadar diketahui, tahun ini rencana Pemkab Mentawai membangun 12 embung yang tersebar di wilayah Kepulauan Mentawai untuk penanganan karhutla. Anggaran yang bersumber dari dana bagi hasil dana reboisasi (DBHDR) ini mencapai Rp 29 miliar.
Embung ukuran minimal 20 meter x 20 meter dengan kedalaman 2 meter ini, nantinya dijadikan sebagai kanal atau kantong-kantong air untuk penanganan karhutla. Selama ini dana ini belum termanfaatkan sama sekali karena terkendala dengan regulasi pemanfaatan.
Di antara embung yang akan dibangun tersebut, yakni, 4 titik di Pulau Siberut, 5 titik di Pulau Sipora dan tiga titik di Pulau Sikakap, Pagai Utara-Selatan. Dari 12 embung yang dibangun 4 embung dibangun dengan konsep pariwisata, seperti kawasan hijau dan gazebo. (rif)

source

Empat Rumah di Mubar Hangus Dilalap si Jago Merah – Nawala Media
Empat Rumah di Mubar Hangus Dilalap si Jago Merah – Nawala Media
Publisher – Menulis adalah Bekerja untuk Keabadian
Must read×

Top