banner 728x90

Dishut dan PBPHH Bahas Sentra Kayu Kalimantan Selatan – Banjarhits

Dishut dan PBPHH Bahas Sentra Kayu Kalimantan Selatan
Bupati Noormiliyani Melantik 8 Pejabat Baru Pemkab Batola
Pemprov Kalsel Beri 12 Orang Penghargaan Geospasial Banua Award
Wisata Paralayang dan Gantole Resmi Hadir di Tahura SA
Gubernur Kalsel Resmikan Wisata Paralayang Tahura SA
Pelindo Kotabaru dan Unsur Perhubungan Donor Darah saat Harhubnas
Gubernur Kalsel Paparkan Persiapan MTQ ke Menag Yaqut Cholil
Uji Coba Paralayang Tahura SA Jelang Diresmikan
Belanja di Pasar Marabahan Bisa Non Tunai
PS Balangan Raih Hasil Imbang Melawan Kotabaru FC
Kepala Dishut Kalsel Hj Fatimatuzzahra memimpin rakor sentra kayu, Senin (26/9/2022).
Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan bersama pemegang Perizinan Berusaha Pengolahan Hasil Hutan (PBPHH) melaksanakan rapat Koordinasi (Rakor) Perizinan Berusaha Pengolahan Hasil Hutan (PBPHH) dalam rangka Pembangunan Sentra Kayu di Provinsi Kalimantan Selatan. Rapat tersebut dilaksanakan di Aula Rimbawan 1 Dishut Kalsel, Senin (26/9/2022).
Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Dishut Provinsi Kalsel Fathimatuzzahra, dihadiri perwakilan PBPHH lingkup Provinsi Kalimantan Selatan, perwakilan BPHP Wilayah IX Banjarbaru, Kepala KPH Lingkup Dishut Provinsi Kalsel, dan Esselon 3 dan 4 bidang PPH dan PMPPS Dishut Kalsel. Rapat tersebut bertujuan untuk membahas pembangunan dan perkembangan sentra kayu di Provinsi Kalimantan Selatan.
Menurut dia, ini merupakan ambisi besar untuk mewujudkan sentra kayu di Provinsi Kalimantan Selatan, jadi jangan sampai nanti Kalsel bergantung pada hutan alam seterusnya.
“Karena nantinya itu akan pasti habis. Apabila kita tidak berpikir dan memikirkan mulai sekarang mengenai hutan tanaman industri, maka kita semua khususnya di Kalimantan Selatan akan ‘selesai’ maksudnya adalah hutan-hutan akan habis dan tidak ada lagi hutan alamnya. Saya minta dalam Rakor ini nanti kita semua berdiskusi mengenai kendala dan permasalahan untuk memperluas informasi untuk perkembangan dan kemajuan sentra kayu di Provinsi Kalimantan Selatan,” ucap Fathimatuzzahra.
Fathimatuzzahra dalam kesempatannya juga memaparkan mengenai rencana pembangunan sentra kayu provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka membangun sinergitas Revolusi Hijau, untuk itu Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan melakukan fasilitasi kerjasama penanaman dalam pembangunan sentra kayu di Provinsi Kalimantan Selatan
Ia melanjutkan, upaya pemenuhan bahan baku industri dari kegiatan revolusi hijau di Kalimantan Selatan point pertamanya dengan melakukan penanaman pohon melalui kegiatan revolusi hijau baik yang dilaksanakan oleh Persetujuan Perhutanan Sosial, Perijinan Berusaha Pemanfaatan Hutan (PBPH), Perijinan Berusaha Pengolahan Hasil Hutan (PBPHH) serta pola hutan rakyat yang hasil kayunya dapat menunjang pemenuhan bahan baku industri.
Untuk poin kedua bibit yang ditanam di samping tanaman yang cepat tumbuh seperti (Sengon, Jabon dll) juga perlu ditanam pohon jenis endemik seperti Pohon Meranti sebagai pengganti bahan baku kayu alam nantinya.
Adapun poin ketiga sekaligus sebagai informasi Rata-rata total kebutuhan bahan baku dalam 4 tahun terakhir di Kalimantan Selatan sebesar 1.070.932,91 M3/tahun, diperkirakan pertahunnya harus menanam seluas ± 1.110 hektar untuk tanaman budidaya dan ± 20.300 hektar untuk tanaman endemik (hutan alam) dengan asumsi potensi tanaman per-hektar dapat menghasilkan 50 M3, point ketiga ini yang akan kita kejar nanti.
“Kemudian point terakhir perlu diupayakan pasar tujuan ekspor yang bahan bakunya dari kayu budidaya,” kata Fathimatuzzahra menjelaskan.
Dalam Rakor tersebut juga diadakan kegiatan diskusi secara bergantian terkait permasalah dan kendala dalam pembangunan/pengembangan sentra kayu oleh masing-masing perwakilan para pemegang PBPHH untuk memperluas informasi dan perkembangan serta kemajuan sentra kayu di Provinsi Kalimantan Selatan.
Diharapkan dengan dilaksanakannya rapat ini pasokan bahan baku kayu bulat di Kalimantan Selatan dapat terpenuhi secara berkelanjutan, serta terlaksananya harmonisasi pembangunan kehutanan yang menyeluruh terintegrasi, efisien dan sinergi dalam mencapai tujuan pembangunan kehutanan di Kalimantan Selatan.

Bupati Noormiliyani Melantik 8 Pejabat Baru Pemkab Batola
Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.



iklanp-pemprov-kalsel
 





Copyright © 2021 by BanjarHits.com

source

Must read×

Top