banner 728x90

Eungkot Keumamah ,Si Ikan Kayu Makanan Khas Aceh – BARANEWS

(Di Tulis Oleh:Annisa Magfirah ,Mahasiswi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan,IAIN Langsa)
Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal dengan beragam kuliner tradisional nya.Tidak hanya terkenal di negara sendiri bahkan makanan tradisional Indonesia sudah di kenal sampai ke manca negara.Makanan tradisional Indonesia adalah makanan yang kaya akan rempah-rempah dan tidak sedikit memiliki cita rasa pedas.salah satu nya adalah masakan khas aceh yaitu eungkot keumamah/ikan keumamah.
Aceh sendiri merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang ibu kota nya berada di banda aceh.aceh terletak di ujung pulau Sumatra dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia.aceh adalah salah satu provinsi yang memiliki segudang sejarah,budaya bahkan masakan tradisional yang mana masakan tersebut memiliki cita rasa yang khas dan kaya akan rempah-rempah.Salah satu masakan khas aceh yang sudah sangat terkenal di masyarakat luas ialah ikan keumamah atau masyarakat aceh biasa menyebutnya eungkot keumamah.makanan berbahan dasar ikan kayu ini begitu di gemari oleh masyarakat aceh mulai dari masa perang dulu hingga sekarang.
Pada awal nya ikan keumamah adalah makanan para pejuang pada masa perang melawan colonial belanda dahulu,yang mana para pejuang menciptakan makanan yang dapat bertahan lama sebagai bekal mereka berperang tanpa harus merasa kelaparan dengan kata lain keumamah adalah masakan yang tercipta dari tangan-tangan para pejuang perang.tidak hanya para pejuang yang ingin berperang,masayarakat aceh yang hendak pergi ke mekkah untuk menunaikan ibadah haji dengan menggunakan kapal laut juga menjadikan ikan kayu sebagai bekal selama masa perjalanan yang dulu di tempuh dengan memakan waktu yang cukup lama.
Keumamah adalah masakan yang berbahan dasar ikan kayu,kebanyakan orang membuat nya dengan menggunakan ikan tongkol namun ada juga orang-orang yang membuat nya dengan ikan tuna.keumamah sendiri adalah masakan yang memiki cita rasa yang sangat lezat dengan rasa yang dominan pedas dan tidak berkuah keumamah dapat membangkitkan selera makan bagi yang melihat nya.tak jarang orang yang sedang sakit dan tidak memiliki selera makan mejadikan keumamah sebagai makanan pembangkit selera makan.di aceh sendiri keumamah merupakan masakan yang di sajikan pada saat berlangsungnya acara adat maupun kenduri/hajatan namun sekarang banyak kaum hawa yang menjadikan keumamah makanan sehari-hari.
Keumamah berbahan dasar ikan kayu ini di buat dengan beberapa proses yaitu pembersihan ikan,perebusan/pengukusan,penjemuran dan setelah ikan kering baru dapat di olah dengan berbagai rempah.proses penjemuran pada ikan kayu ini bertujuan agar ikan dapat di simpan dalam jangka waktu yang lebih lama bisa berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan dengan syarat ikan di simpan dalam keadaan kering dan tidak lembab.pada dasar nya orang-orang masa dulu mengawetkan makanan dengan cara di rebus.di panggang maupun di keringkan seperti hal nya ikan kayu ini.
Cara pembuatan ikan kayu:

  1. Bersihkan ikan tongkol mulai dari isi dalam beserta sisik nya lalu buang kepala ikan tongkol dan cuci hingga bersih.
  2. Baluri ikan yang sudah di bersihkan tadi dengan perasan air jeruk nipis dan garam secukupnya.
  3. Kukus/rebus ikan sampai matang.
  4. Jika sudah matang pisahkan tulang dan daging ikan,langsung di suwir-suwir juga boleh
  5. Tahap terakhir adalah jemur ikan di bawah sinar matahari hingga sedikit kering dan agak keras bisa selama 2 sampai 3 hari.Jika tidak terlalu suka ikan yang keras maka penjemuran boleh di lakukan selama satu hari saja.

Bahan-bahan membuat keumamah:
Bahan utama

  1. 500 gr ikan tongkol/tuna
  2. 5 siung bawang merah
  3. 5 siung bawang putih
  4. 10 buah cabai rawit
  5. 5 buah cabai merah
  6. 10 buah cabai hijau(di belah dua)
  7. Satu ruas jari kunyit
  8. 10 buah asam sunti
  9. Garam(secukup nya)
  10. Air secukup nya
  11. Satu sendok teh ketumbar
  12. Daun kare/daun temurui

*Asam Sunti merupakan bumbu dapur khas aceh yang terbuat dari buah belimbing wuluh/belimbing sayur yang di taburi banyak garam dan di jemur hingga mengering.
 Bumbu halus:

  1. 10 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai rawit
  4. 5 buah cabai merah
  5. Satu ruas jari kunyit
  6. Satu sendok teh ketumbar

Langkah-langkah membuat keumamah:

  1. Rebus /kukus ikan tongkol yang sudah di bersihkan serta di beri garam dan perasan air jeruk nipis,setelah ikan di rasa matang masukkan ke dalam wadah lalu di pisahkan antara tulang dan daging nya.(boleh langsung di suwir-suwir menjadi potongan kecil atau di suwir setelah kering juga boleh).setelah selesai jemur ikan di bawah terik matahari 2 atau 3 hari,jika tidak suka ikan terlalu keras jemur satu hari saja.jika cuaca tidak mendukung ada alternatif lain yaitu dipanggang dengan oven sampai ikan mengering
  2. Panas kan minyak goreng dalam wajan,lalu tumis bawang merah yang telah di cincang halus beserta daun kari.
  3. Setelah tumisan bawang harum masukkan bumbu yang telah di haluskan,tumis sebentar lalu di tambahkan sedikit air,masak dengan api kecil.
  4. Masukkan ikan tongkol kering yang telah di suwir-suwir,setelah itu bumbui dengan garam secukpnya
  5. Jika di rasa ikan telah matang sesuai dengan selera maka sudah boleh di angkat dan ikan siap di hidangkan.

No More Posts Available.
No more pages to load.








source

Warga Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang Antusias Ikut Perlombaan Ramaikan HUT RI ke-77 – Pos-Kupang.com
Warga Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang Antusias Ikut Perlombaan Ramaikan HUT RI ke-77 – Pos-Kupang.com
Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray RebonPOS-KUPANG.COM, KUPANG – Warga
Must read×

Top