banner 728x90

InfoPublik – Taman Inspirasi Muntig Siokan, Lengkapi Perhelatan 7th GPDRR – InfoPublik

Denpasar, InfoPublik – Taman Inspirasi Muntig Siokan, yang berada di kawasan Pantai Mertasari, Sanur, Bali, menjadi pelengkap perhelatan 7th Global Platform Disaster Risk Reduction (GPDRR).
Selain untuk menanam mangrove di Pantai Mertasari, para delegasi 7th GPDRR diajak untuk menikmati pemandangan pantai yang indah di taman tersebut.
Taman Inspirasi Muntig Siokan menjadi tempat wisata alternatif bagi mereka yang berkunjung ke Kota Denpasar, Bali. Awalnya tempat wisata ini adalah sebuah restoran yang bernama Dream Island. Pada 2020 restoran tersebut ludes terbakar.
Sekarang tempatnya disulap menjadi tempat wisata baru bernama Taman Inspirasi Muntig Siokan. Wisata ini dikembangkan oleh warga Desa Adat Intaran Sanur. Hamparan lahan dengan pasir putih diatasnya menjadi pesona tersendiri bagi taman ini.
Di taman ini terdapat warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Ada juga masyarakat adat setempat yang menyewakan Kano bagi yang meyukai olahraga ini.
Bagi pungunjung yang ingin berwisata sepanjang hari di taman ini, tersedia juga gazebo-gazebo dengan gaya Bali yang beratapkan alang-alang. Ada juga tempat dan sarana bermain khusus bagi anak-anak, seperti ayunan dan bebek-bebekan. Jadi tempat ini cocok bagi pengunjung yang ingin membawa keuarga mereka.
Pengelola Taman Inspirasi Muntig Siokan I Wayan Mudana mengatakan Muntig Siokan itu artinya tanah yang lagi timbul lagi hilang. Pada saat dikelola pihak swasta, waktu itu bernama Taman Inspirasi (Dream Island), bangunan restorannya sempat mengalami kebakaran pada November 2020. Setelahnya, pengelolaan dikembalikan kepada Desa Adat Intaran dan namanya pun berubah menjadi Taman Inspirasi Muntig Siokan.
Pada masa pandemi seperti saat ini, Taman Inspirasi Muntig Siokan juga sempat ditutup dengan adanya aturan PPKM. Seiring diperlonggarnya aturan PPKM, saat ini sudah buka kembali. “Dengan adanya acara ini (7th GPDRR) tentunya secara tidak langsung bisa mempromosikan tempat ini agar bisa dikunungi lagi oleh wisatawan,” ujar Wayan Mudana pada Selasa (24/5/2022).
Menurutnya, pengunjung yang inginmenikmati kawasan ini cukup menyisihkan Rp10.000 untuk dewasa dan Rp5.000 untukanak-anak. Taman Inspirasi Muntig Siokan sendiri buka setiap hari sejak pukul 07.00 sampai pukul 20.00 Wita.
Bali terpilih sebagai tempat penyelenggaraan 7th GPDRR. Ajang bertaraf internasional ini diharapkan dapat menjadi momen promosi bagi Bali sebagai pariwisata aman bencana di mata dunia.
Gubernur Bali Wayan Koster menjelaskan bahwa Bali terus berupaya menerapkan apa yang menjadi rekomendasi dari pemerintah pusat terkait pariwisata aman bencana, termasuk dalam menghadapi kondisi terkini menyangkut penanggulangan pandemi COVID-19.
Wayan Koster pun berharap dengan bentuk sinergi dari pemerintah daerah dan kedisiplinan masyarakat, Provinsi Bali dapat terus menekan potensi penularan COVID-19. Sehingga Bali dapat siap dan aman dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan agar pariwisata Bali bisa bangkit.
(Foto: Amiri Yandi)
63 Kali

Copyright © 2018 InfoPublik. All rights reserved.

source

Empat Rumah di Mubar Hangus Dilalap si Jago Merah – Nawala Media
Empat Rumah di Mubar Hangus Dilalap si Jago Merah – Nawala Media
Publisher – Menulis adalah Bekerja untuk Keabadian
Must read×

Top