banner 728x90

Jumlah Penebang Hutan Melebihi Jumlah Pohon – Republika Online

Thursday, 10 Zulqaidah 1443 / 09 June 2022
Thursday, 10 Zulqaidah 1443 / 09 June 2022

Rabu 08 Jun 2022 23:55 WIB
Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Menebang pohon untuk penebangan, membuka lahan pertanian atau untuk memenuhi permintaan energi untuk populasi yang berkembang memberikan tekanan pada hutan alam Nigeria.
REPUBLIKA.CO.ID, NEGARA ONDO — Jauh di dalam hutan di desa Ebute Ipare Nigeria, Egbontoluwa Marigi mengukur sebatang pohon mahoni yang tinggi, menebangnya dengan kapak dan parangnya. Saat pohon itu tumbang dengan suara berderak, dia mengamati hutan untuk mencari pohon berikutnya.
Sekeliling Marigi, tunggul-tunggul yang menghiasi hutan rawa adalah pengingat pohon-pohon yang pernah berdiri tegak tetapi dengan cepat menghilang karena pembalakan liar di negara bagian Ondo, Nigeria barat daya.
“Kami bisa menebang lebih dari 15 pohon di satu lokasi, tetapi sekarang jika kami berhasil melihat dua pohon, itu akan terlihat seperti berkah bagi kami,” kata ayah dua anak berusia 61 tahun itu.
Setelah menebang pohon, Marigi membubuhkan spidol di atasnya, sebuah pesan kepada penebang lain bahwa dialah pemiliknya. Kayu-kayu tersebut akan diangkut melalui anak sungai dan sungai sampai ke ibukota komersial Nigeria, Lagos.
“Pada zaman nenek moyang kami, kami memiliki pohon-pohon besar tetapi sayangnya yang kami miliki sekarang hanyalah pohon-pohon kecil dan kami bahkan tidak membiarkannya menjadi dewasa sebelum kami menebangnya,” kata Marigi.
Menebang pohon untuk penebangan, membuka lahan pertanian atau untuk memenuhi permintaan energi untuk populasi yang berkembang memberikan tekanan pada hutan alam Nigeria. Presiden Muhammadu Buhari mengatakan pada pertemuan COP15 di Abidjan, Pantai Gading, pada 9 Mei, bahwa Nigeria telah membentuk dana perwalian kehutanan nasional untuk membantu regenerasi hutan negara.
Dana tersebut mungkin tidak cukup karena negara ini kehilangan hutan lebih cepat. Lembaga pemantau hutan Global Forest Watch menyatakan, dari tahun 2001 hingga 2021, Nigeria kehilangan 1,14 juta hektar tutupan pohon, setara dengan penurunan 11 persen tutupan pohon sejak 2000 dan setara dengan 587 juta ton emisi karbon dioksida.
Marigi mengetahui dampak dari menebang pohon terus menerus, tetapi prioritasnya adalah mencari nafkah. Berbulan-bulan setelah menebang pohon, Marigi kembali ke hutan untuk menarik kayu gelondongan dan mengikatnya menjadi rakit. Dia memiliki koleksi lebih dari 40 log.
Dengan penebang lain, mereka mengumpulkan uang untuk menyewa kapal tunda untuk menarik rakit melalui anak sungai dan sungai dari negara bagian Ondo ke Lagos. Tempat berteduh sementara di rakit terbuat dari kayu dan membantu melindungi Marigi dan teman-temannya dari cuaca. Makanan dibagikan saat mereka menyanyikan lagu-lagu daerah setempat untuk membangkitkan semangat.
“Kami tidak tidur di malam hari selama perjalanan. Kami memantau kayu gelondongan dan memastikan (tidak) terlepas dari kapal tunda,” kata Marigi.
Perahu berhenti di beberapa lokasi untuk mengambil lebih banyak penebang. Satu perahu dapat mengangkut hingga seribu rakit, masing-masing berisi sebanyak 30 batang kayu.
Perjalanan Marigi berakhir di sebuah laguna di Lagos, tempat rakit dari negara bagian Ondo dan bagian lain negara itu bertemu dan kayu gelondongan diproses di penggergajian kayu dan dijual ke penerima yang berbeda.
Dapatkan Update Berita Republika
Lima Keunggulan Pembayaran dengan PayLater
Platform Investasi Aset Crypto Pintu Raih Pendanaan Seri B Rp1,6 Triliun
Google Bidik Pengembangan UMKM Indonesia Pascapandemi
Mundur Sebagai CEO Gojek, Kevin Aluwi Geser ke Posisi Dewan Komisaris GoTo
DANA Ajak UMKM Bersaing di Pasar Global
Jabodetabek Nasional

Aksi asusila dua remaja pria sempat terekam dan viral di media sosial.
Liga Indonesia

Pelatih Italia Roberto Mancini belum puas dengan hasil akhir yang diraih timnya.
Arena Olahraga

Chico kalah dua gim langsung dari Loh Kean Yew
Islam Nusantara

Wapres mengungkap alasan pentingnya keberadaan UMK halal.
Hukum

Tim penyidikan Jampidsus sudah menetapkan sembilan tersangka kasus impor baja.
5 PHOTO
6 PHOTO
2 PHOTO
7 PHOTO
6 PHOTO
Kamis , 09 Jun 2022, 01:11 WIB
Kamis , 09 Jun 2022, 11:00 WIB
Phone: 021 780 3747
Fax: 021 799 7903
Email:
newsroom@rol.republika.co.id (Redaksi)
sekretariat@republika.co.id (Redaksi)
marketing@republika.co.id (Marketing)
Copyright © 2018 republika.co.id, All right reserved

source

Empat Rumah di Mubar Hangus Dilalap si Jago Merah – Nawala Media
Empat Rumah di Mubar Hangus Dilalap si Jago Merah – Nawala Media
Publisher – Menulis adalah Bekerja untuk Keabadian
Must read×

Top