banner 728x90

Kisah Rumah Mungil Terhimpit Gedung Ini Mirip Cerita di Film Up | Dream.co.id – Dream.co.id

Rumah Degil Yang Terjepit Di Antara Bangunan. (Foto: World Of Buzz)

Dream – Masih ingat film berjudul Up yang dibuat rumah produksi Pixar? Film animasi ini berkisah tentang pria tua yang menolak menjual rumah mungilnya kepada pengembang yang hendak membangun area komersial.
Rumah kecil itu tampak mencolok di antara gedung-gedung mewah yang menghimpitnya. 
Kisah hampir serupa juga terjadi di dunia nyata. Di Malaysia terdapat sebuah bangunan kecil yang mereka juluki Rumah Degil atau “ Stubborn House”.
Foto rumah tersebut diunggah oleh warganet bernama Herman Plani Syafrudin. Dilaporkan laman World of Buzz, Herman menceritakan Rumah Degil itu milik seorang wanita tua bernama Nenek Norma.
Perempuan ini enggan menjual rumah tradisionalnya kepada pengembang. Ya, pengembang ini ingin membangun rumah—pusat perbelanjaan di sekitar rumah di Chow Kit, Kuala Lumpur, Malaysia.
“ Kalau kamu tak tahu, ini Rumah Degil yang berada di Chow Kit, di pusat kota Kuala Lumpur. Nenek Norma adalah pemilik rumahnya. Ada banyak versi tentang rumah ini, tentang kepandirannya menolak untuk menjual rumah kepada developer di area ini. Area yang dikelilingi gedung pencakar langit dan rumah itu satu-satunya yang masih terbuat dari kayu dan tiang,” tulis dia.
Masuk akal memang jika Nenek Norma tak mau menjual rumah hanya untuk melihat rumahnya dihancurkan. Apalagi jika mengingat nilai sentimentil yang dimiliki dari rumah itu.
“ Selama bertahun-tahun banyak upaya dilakukan untuk meyakinkan Nenek Norma menjual rumahnya. Sampai akhirnya, dia meninggal. Pada 2013, ahli warisnya terpaksa melepas rumah tersebut,” tulis Herman.

Rumah ini memang tidak jadi dirobohkan tapi dipindahkan. Pemerintah memindahkan rumah kayu ke Galewri Seni Malaysia di Jalan Tun Razak, Kuala Lumpur.
“ Rumah Degil yang bersejarah masih bisa dikunjungi,” tulis Herman.
Pembeli rumah itu adalah Datuk Seri Nazri Aziz—menteri pariwisata Malaysia kala itu. Nasri berinisiatif membeli rumah dan bisa dipajang di Galeri Seni Nasional.
” Semoga rumah yang sebelumnya terletak di No.41, Jalan Chow Kit, yang dikenal sebagai ‘Rumah Degil’, menginspirasi pewaris Kampung Baru untuk mempertahankan warisan dan warisan mereka seperti bagaimana Nenek Norma lakukan selama 70 tahun,” tulis dia mengakhiri unggahannya.

Dream – Para penggemar film animasi Disney Pixar pasti tahu kisah sepasang kakek nenek, Carl Fredericksen dan Ellie. Film yang menyentuh hati ini ternyata terjadi juga di kehidupan nyata.

Bedanya bila dalam cerita animasi ” Up” tersebut Carl mempertahankan rumahnya dari tangan-tangan developer atau orang yang bekerja mengubah bangunan untuk tujuan tertentu.

Walaupun ditawar dengan harga tinggi, Carl tetap bersikukuh mempertahankan rumah mungil miliknya. Menurut Carl rumah tersebut berisi kenangan bersama sang istri yang lebih dahulu meninggalkannya.
 
© Dream

Itu pun yang dilakukan Edith Mcefield, wanita berusia 84 tahun. Rumah mungilnya terletak di ujung jalan antara Northwest 46th Street, 15th Avenue di Ballard, Seattle, Amerika dibiarkan tetap berdiri walaupun sekelilingnya telah dibangun gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan.

Edith tidak mau melepas kediamannya walaupun ditawari uang sekitar USD 1 juta atau setara dengan Rp. 11,9 miliar rupiah sebagai gantinya. Developer pun sudah habis akal untuk meminta wanita paruh baya ini mengosongkan rumahnya.

Edith semasa hidupnya mengaku pernah bekerja sebagai mata-mata selama Perang Dunia II, sampai ia ditangkap dan dikirim ke kamp konsentrasi Dachau, kemudian berhasil melarikan diri.

” Saya tidak ingin pindah, saya tidak butuh uang. Kenangan dalam rumah ini berharga untuk saya,” kata Edith dikutip Dailymail, Jumat, 20 Maret 2015.

Rupanya Edith berjanji pada sang ibu untuk terus menjaga rumah tersebut dengan baik. ” Ibu saya meninggal di atas sofa rumah ini. Saat itu saya berjanji pada ibu untuk menjaga rumah ini sampai mati. Dan saya akan terus di sini, di atas sofa ini,” kata Edith. 

Namun sayang kini bangunan tersebut kabarnya akan dihancurkan. Setelah meninggalnya Edith, rumah tersebut diwariskan kepada Barry, kepala proyek pengembang yang pernah ingin mengambil rumahnya.

Edith melakukan hal tersebut karena Barry yang merawat Edith sehari-hari, seperti menyediakan makanan, mengajaknya jalan-jalan, dan mendengarkan segala cerita nenek tua itu.

Barry kemudian menjual rumah ini seharga $ 310 ribu atau sekitar Rp 4 miliar. Dalam buku yang ditulisnya, ia ingin pemilik baru agar menjaga rumah tersebut agar tetap utuh.

Sayang sekali, ternyata rumah tersebut malah diambil alih pihak pengembang dan akan dilelang. Rencananya pihak pemenang lelang akan menghancurkan rumah tersebut untuk dibangun kembali.

Dream – Siapa pun yang berhadapan dengan gangguan makhluk halus pasti akan merasa takut dan merinding. Jika tidak kuat, bisa-bisa malah kesurupan.
Seperti gadis Malaysia yang membagikan pengalaman diganggu makhluk halus saat tinggal sendirian di rumah kos-kosan sepekan yang lalu.
Gadis bernama Alya Aleera itu memutuskan tidak pulang untuk merayakan Idul Adha di kampung halaman.
 
© Dream
 
Alya tinggal sendirian di rumah kos-kosan, sementara semua temannya pulang kampung selama beberapa hari.
Satu per satu kejadian aneh muncul sehingga dia tidak tahan lagi berada di rumah tersebut.
Lebih menyeramkan lagi, Alya sempat merekam video saat dia mengalami kejadian aneh. Mulai dari ketukan di pintu hingga mendengar meja kursi diseret dengan kuat.

Insiden menyeramkan itu dimulai sebelum tanggal 11 Agustus, tepatnya tanggal 8 Agustus 2019. Alya sangat menyukai olahraga hiking.
Dia biasanya pergi hiking ramai-ramai bersama teman-temannya. Namun hari itu dia mendaki sendirian dengan menaiki Bukit Beruang.
Alya berangkat dari rumah kos sekira jam 17.45 waktu setempat. Sekira 12 menit kemudian dia turun dengan memilih jalur hutan.
Dia sangat yakin bisa turun ke rumah kos sebelum Maghrib karena saat itu baru jam 6 magrib waktu setempat.
Tapi dugaan Alya keliru, dia baru sampai rumah kos satu jam kemudian, sekira jam 19.00. Itu mungkin karena Alya berjalan sedikit pelan.
Saat naik turun Bukit Beruang tersebut, Alya tidak mengalami hal-hal aneh. Sendirian, Alya menghabiskan malam-malam berikutnya dengan tenang.

Tanggal 11 Agustus jam 11 malam, Alya pulang dari cari makan. Tapi anehnya, pintu beranda sudah terbuka lebar-lebar.
Dia yakin sudah mengunci pintu tersebut sebelum pergi mencari makan. Dia berpikir mungkin ada salah satu temannya yang sudah kembali dari pulang kampung.
Dengan tetap berpikiran positif, Alya mengetuk setiap pintu kamar di rumah kos-kosan. Tapi tidak ada satu pun yang membukakan pintu.
Tapi Alya masih tidak merasa takut karena masih mengira penjaga kos-kosan yang datang untuk memeriksa.

Sekira jam 23.15, Alya masuk ke kamar dan segera memutar lantunan ayat-ayat suci Alquran.
” Bukannya takut, tapi aku sudah insaf dari mendengar lagu-lagu EDM,” katanya.
Namun, sekira jam 12 malam, Alya nampak sekelebat bayangan orang sedang berjalan di depan kamarnya.
Tidak sampai di situ. Dia juga mendengar pintu dibuka dan ditutup berulang-ulang.
” Tak tahu kenapa, saat itu aku tidak takut. Aku sudah memakai mukena, jadi hati tenang-tenang saja,” kata Alya.

Namun, gangguan aneh itu semakin parah ketika Alya mendengar pintu kamarnya diketuk dari luar.
Saat itu Alya hanya tertawa. Dia masih mengira ada orang yang mencoba untuk menakuti dirinya.
So, it getting worse by ketuk pintu bilik aku sial haha. Maaf mencarut. I serious boleh gelak and ayam ayam kan dia sbb sumpah mmg tak takut. Because my weakness is darkness. So kalau dia dah start main lampu. Bai. I terjun bangunan. I ingat tuhan, and i rasa fyp i lagi penting😂 pic.twitter.com/dv4XwhOlPQ
Tetapi, setiap kali Alya berteriak untuk menyuruh pergi, suara ketukan di pintu itu makin menjadi.
Parahnya lagi, pintu kamar Alya diketuk semalaman hingga menjelang Subuh.
Hari berikutnya, 12 Agustus 2019, Alya pergi jalan-jalan sampai Maghrib. Saat itu hari masih libur Lebaran.
Pulang ke rumah kos malam hari, Alya merasa merinding. Dadanya berdebar lain dari biasanya.
Ketika duduk di dalam kamar, gangguan menyeramkan itu datang lagi. Waktu menunjukkan jam 9 malam.
Alya mendengar bunyi meja dan kursi yang diseret kuat-kuat. Dia pun memberanikan diri keluar kamar.
Balik je rumah. Macam biasa, pintu bangang tu tak kunci lagi. Padahal aku hari hari kunci. Then, aku mmg seramshit tah kenapa tah. Berdebar lain mcm biasa. Terus on surah lagi. Duduk dlm bilik. Then, this happen tepat 9pm. pic.twitter.com/QvTq6CYY3C
Berbekal kamera ponsel, Alya merekam kondisi lorong rumah kos-kosan yang sudah berantakan.
Sedangkan suara meja dan kursi yang diseret-seret terdengar keras dan jelas. Kali ini Alya benar-benar ketakutan.

Alya benar-benar ketakutan. Badannya sampai menggigil, mukanya pucat. Saking takut dan gemetar, dia menangis dan ponsel di tangan sampai jatuh.
Dia kemudian memutuskan untuk keluar dari rumah itu. Sambil meraba dinding, Alya berjalan sambil menutup mata menuju pintu beranda.
Sementara suara kursi dan meja diseret-seret semakin terdengar keras dan jelas. Tapi Alya tak ingin melihat makhluk apa yang menyeret kursi dan meja.
Pikirannya hanya ingin pergi secepatnya. Sialnya, ketika sudah sampai di beranda, pintunya tak bisa dibuka.
Terkunci? Bagaimana bisa pintu yang dikunci dari dalam tak bisa dibuka?

Alya menjerit ketakutan. Dia terus berdoa, membaca sembarang ayat suci agar bisa keluar dari tempat menyeramkan itu.
” Aku pun berusaha untuk tenang, mencoba tidak menangis. Tapi mata masih tertutup rapat. Setelah baca ayat, baru pintu bisa terbuka,” katanya.
Alya langsung lari menuju gerai cepat saji dengan badan gemetar ketakutan. Di sana, Alya video call orang tuanya.
Dia menceritakan kejadian seram yang dialaminya. Hampir tengah malam, Alya kembali ke rumah kos-kosan.
Dia mau mengambil beberapa barangnya yang tertinggal sebelum pindah tidur di hotel.

Alya kemudian minta bantuan penjaga kos-kosan untuk menemaninya mengambil barang-barang.
Seorang penjaga laki-laki dan dua perempuan akhirnya menemani Alya ke lantai atas rumah kos-kosan.
Namun, saat memasuki rumah tersebut, kondisinya biasa saja. Seolah tak terjadi apa-apa.
Meja dan kursi tertata rapi seperti biasanya. Kunci rumah juga masih menempel di pintunya.
Alya hanya sehari pindah ke hotel. Esoknya dia check out dan kembali ke kos-kosan.
Selama dua hari di rumah kos, Alya tetap menemui hal-hal aneh seperti sebelumnya.
Namun kali ini dia tidak menggubris gangguan-gangguan tersebut. Alya ingin fokus pada kuliah dan ujiannya saja.
Sumber: Siakapkeli.my
5 Potret Miliarder ‘Ngamuk’ di Bank Tersinggung Ditegur Satpam, Tarik Seluruh Tabungan, Hingga Paksa Petugas Hitung Rp11 M dengan Tangan!
Bos TikTok Resign Agar Bisa Melamun dan Baca Buku
Dua Bulan Menghilang, Kemana Jack Ma?
Setelah Bertahun-tahun, Miliarder Warren Buffet Akhirnya Ganti Ponsel Jadul
Orang Terkaya Indonesia Beli Klub Sepak Bola Italia
`Horang Kayah`, Borong 6 Mobil Rolls Royce Cuma Beda Warna
Hamil 7 Bulan, Ririn Dwi Aryanti Semakin Manis
Kedekatan Puti Guntur Soekarno dan Selebritis Tanah Air
4 Artis Ini Bikin Luluh Hati Para Pria di Keluarga Cendana
Duet Fildan dan Lesti D’Academy yang Bikin Baper Banyak Orang
Intip Gaya Liburan Puti Guntur Soekarno
May, Perawat Cantik yang Bikin Heboh Media Sosial
Indahnya Bulan Purnama di Langit Turki
Adira, Selebgram Berhijab Malaysia Mirip Artis Korea
Kandungan dan Sebab Turunnya Surat Al Zalzalah, Gambaran Mencekam Hari Kiamat
Tutorial Makeup untuk Hangout Agar Riasan Bebas Luntur Seharian
Tengok Office Look Tasya Farasya, Tenteng Tas Rp379 Juta
5 Penyebab Pertumbuhan Kuku Jadi Lambat
Bacaan Dzikir agar Doa Dikabulkan dan Amalan-Amalan yang Penting Dilakukan
Tata Cara Sholat 5 Waktu Beserta Gambarnya, Lengkap dengan Bacaan
Aksi Kejar-kejaran Mobil Daus Mini dengan Polisi karena Langgar Lalu Lintas

10 Potret Rumah Syahrini di Bogor, The Real Princess Tinggal di Istana, Penuh Kemewahan!
Doa Nisfu Sya’ban Setelah Baca Surat Yasin dalam Bahasa Arab dan Latinnya
8 Potret Kondisi Hidup Pelawak Ulfa Dwiyanti yang Tak Pernah Tersorot, Tidak Sebahagia di TV
Titiek Soeharto Unjuk Kebolehan Menembak, Dapat Julukan ‘Lara Croft’ Dari Cendana!
10 Potret Rumah Jeremy Teti Bernuansa Serba Merah, Mewah Tapi Ngeri, Jadi Sarang Hantu!
Sederet Artis yang Siap Kembalikan Hadiah dari Doni Salmanan

source

Tags: #Rumah Kayu

Model Rumah Kayu Minimalis yang Asri dan Eksklusif – HarapanRakyat.com
Model Rumah Kayu Minimalis yang Asri dan Eksklusif – HarapanRakyat.com
Model rumah kayu minimalis mungkin jarang ditemukan
Must read×

Top