banner 728x90

KKN Tematik UPI Kampus Purwakarta: Pengenalan Cagar Budaya Bersama Siswa Kelas 4 SDN 1 Citalang Purwakarta 2022 – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Saya memiliki hobi membaca komik dengan terutama komik digital (webtoon), hal-hal yang saya suka mengenai fantasi dan action (film).
Selanjutnya
Tutup

Dokpri
Dokpri


Jumat, 29 Juli — Mahasiswa KKN UPI Kampus Purwakarta mengangkat tema Desa Tanggap Budaya dalam kegiatan yang dilakukan di Desa Citalang, Kabupaten Purwakarta. Kelompok 183 yang beranggotakan 4 orang dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ini melakukan kunjungan budaya bersama siswa kelas 4 SDN 1 Citalang ke Rumah Adat Citalang.

Rumah Adat Citalang merupakan salah satu cagar budaya di Desa Citalang yang dibangun pada tahun 1900 — 1905 oleh Rd. mas. Sumadireja yang saat itu menjabat sebagai kepala desa. 

Rumah ini mengosong adat sunda yang berbentuk menyerupai rumah panggung, secara vertikal rumah sunda terdiri dari kolong, badan rumah dan atap. Terdapat filosofi dari bagian — bagian tersebut, seperti kolong yang merepresentasikan bumi, badan rumah yang merupakan dunia tempat manusia hidup dan atap yang dimaksudkan sebagai langit. Rumah adat ini menggambarkan alam semesta.

Dokpri
Dokpri


Pengenalan Cagar Budaya Rumah Adat Citalang ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama Siswa Kelas 4 SDN 1 Citalang terhadap cagar budaya disekitar mereka. Sebelumnya anak — anak ini menganggap bahwa Rumah Adat Citalang merupakan rumah hantu yang menyeramkan. “Rumahnya serem, banyak hantunya.” Ujar Rizky selaku Siswa SDN 1 Citalang

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan lomba menggambar Rumah Adat Citalang yang berlangsung meriah dengan beberapa hadiah yang telah disiapkan.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri


“Kegiatan seperti ini harus sering dilakukan, agar masyarakat mengenal budaya yang ada disekitar dan ikut menjaganya.” Jelas Kepala Desa Citalang.
Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, merubah representasi masyarakat terutama anak — anak terhadap Rumah Adat Citalang dan mulai ikut berkontribusi dalam melestarikannya. Dan tentunya dalam program kerja KKN Desa Citalang ini didukung dan sangat disetujui oleh DPL kami Bunda Jojor Renta Maranatha karena selain tema yang diangkat adalah Desa Tanggap Budaya dengan itu sangat cocok sekali untuk melakukan pengenalan sebagai ciri khas budaya yang ada di Purwakarta khususnya di Desa Citalang.
Oleh: Antresya Duma Juliandari

source

Fortuner `Sultan`, Spion Mobil Disiksa Angkut Balok Kayu – Dream.co.id
Fortuner `Sultan`, Spion Mobil Disiksa Angkut Balok Kayu – Dream.co.id
Toyota Fortuner Angkut Kayu. (Source: Instagram @makassar_info)
Tata Cara dan Aturan Pemasangan Bendera Merah Putih yang Benar – Popmama.com
Tata Cara dan Aturan Pemasangan Bendera Merah Putih yang Benar – Popmama.com
Pemasangan bendera merah putih ternyata memiliki aturannya,
Must read×

Top