banner 728x90

Klampis Ireng Ponorogo, Tempat Keramat yang Ramai Didatangi saat Pemilu – Solopos.com

STORY
Klampis Ireng di Kabupaten Ponorogo menjadi salah satu tempat keramat yang banyak dikunjungi warga, terutama menjelang Pemilu.
SOLOPOS.COM – Pengunjung sedang melakukan ritual kebatinan di petilasan Klampis Ireng Minggu (24/7/2022). (Ronaa Nisa’us Sholikhah/Solopos.com)

Solopos.com, PONOROGO — Masyarakat di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, tentu sudah tidak asing lagi dengan adanya petilasan Eyang Ismoyo Klampis Ireng. Petilasan ini berada di Dusun Krajan, Desa Sragi, Kecamatan Sukorejo, Ponorogo.
Siapa sangka, tempat yang dianggap keramat ini ramai dikunungi warga. Terutama pada saat menjelang pemilihan umum (Pemilu) maupun pemilihan lurah.
PromosiHotel Paling Recommended Dekat Pantai di Jepara, Ya d’Season Premiere
‘’Musim Pemilu, atau pemilihan lurah, ramai orang ke sini. Kalau tidak bisa datang, biasanya orang kepercayaannya yang ke sini,’’ kata Minto, penjaga petilasan Klampis Ireng, Minggu (24/7/2022).
Setiap orang yang mendatangi Klampis Ireng ada tujuannya masing-masing. Lanjut Minto, mereka biasanya semedi di tempat-tempat khusus yang dirasa memiliki energi. Tidak sedikit yang meminta keberkahan dan kesejahteraan hidup.

Baca Juga: Tiket Masuk Festival Reog Ponorogo Naik, Mulai Rp10.000 hingga Rp20.000
Ketika masuk ke kawasan petilasan Klampis Ireng, ada gerbang yang di depannya ada dua patung Semar bercat hitam. Di atas gerbang itu bertuliskan ‘Petilasan Eyang Ismoyo’. Di dalam petilasan itu sejumlah pohon yang menambah suasana sejuk.
Di tengah hamparan pohon yang rindang ada sebuah gazebo yang menjadi tempat pengunjung melakukan berbagai ritual. Di dalam gazebo tersebut ada patung Semar atau Eyang Ismoyo. Gazebo itu juga dibalut kain berwarna hitam dan putih yang diganti setiap menjelang Suro.
‘’Malam Suro nanti bakal ramai. Biasanya sampai ratusan orang yang ke sini,’’ terangnya.
Selain bekerja sebagai penjaga petilasan, Minto juga salah satu pelaku ritual yang rutin semedi di Klampis Ireng. Ada pun hari khusus untuk doa hari tua yakni setiap Selasa Kliwon dan Jumat Legi. Selain itu, dia juga biasanya mengirim doa ke para leluhur.

Baca Juga: Jos! Kota Madiun Terima Penghargaan Nirwasita Tantra & UI Green Metric
Pria berusia 38 tahun itu mengaku telah melakukan ritual di Klampis Ireng sejak berusia 25 tahun. Sebab, rumahnya dekat dengan petilasan dan memudahkannya untuk melakukan semedi. Selain untuk memohon dan berdoa, dia juga melakukan semedi untuk menguri-uri budaya kejawen.
‘’Kebetulan sawah saya juga di sekitar sini,’’ ungkapnya.
Saat Solopos.com mengunjungi petilasan Klampis Ireng, ada salah satu pengunjung dari luar daerah yang sengaja menginap di sana. Minto mengatakan siapa pun boleh menginap di sana asal izin ke kelurahan dengan membawa dokumen KTP.
‘’Saya usahakan tamu itu bisa aman dan nyaman tinggal di sini,’’ pungkasnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram “Solopos.com Berita Terkini”. Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.
Soejanto Widjaya merupakan tokoh di balik kesuksesan sepeda Polygon sebagai produk nasional yang diakui dunia. Fokus dalam bekerja menjadi bekal utama Soejanto Widjaya dalam mengembangkan usaha dari skala kecil hingga tumbuh menjadi besar.

Rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Madiun II mulai dihuni warga.
Viral Citayam Fashion Week atau pamer fashion remaja dari daerah Citayam di kawasan Sudirman, kali ini giliran peragaan busana di tengah areal kebun tembakau di Kabupaten Jember, Jawa Timur.
Satu rumah di Jalan Sukowati gang 2, Kelurahan Keniten, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo, mengalami kebakaran.
Klampis Ireng di Kabupaten Ponorogo menjadi salah satu tempat keramat yang banyak dikunjungi warga, terutama menjelang Pemilu.
Berikut ini prakiraan cuaca di Kota Madiun pada Sabtu (23/7/2022).
Seorang guru di Kota Kediri mencabuli tujuh orang muridnya sendiri.
Pemkab Jember tak izinkan kegiatan Tablig Akbar Konser Langit yang digelar oleh Majelis Gaul dengan mendatangkan penceramah Ustaz Hanan Attaki.
Kue leker di Jl. Cokroaminoto, Kelurahan Kejuron, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jawa Timur menggunakan resep turun-temurun sejak tahun 1960.
Sejumlah peternak di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur menolak vaksin untuk penyakit muluk dan kuku atau PMK.
Prakiraan cuaca di Kota Madiun pada Jumat ini.
Seorang pilot pesawat Citilink Indonesia meninggal dunia seusai melakukan pendaratan darurat di Bandara Juanda Surabaya.
Pemerintah Kota Madiun menerima dua penghargaan bergengsi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Universitas Indonesia.
Tarif Festival Nasional Reog Ponorogo tahun ini mengalami kenaikan Rp2.000.
Berikut ini prakiraan cuaca di Kota Madiun pada Kamis.
Pemkot Madiun akan melengkapi fasilitas yang ada di kawasan Sumber Umis untuk tempat wisata religi.
Copyright © 2007-2022, Solopos Digital Media – Panduan Informasi & Inspirasi. All rights reserved.

source

Momen HUT RI, Air Mata Rosti Simanjuntak Menetes di Kayu Salib Brigadir J: Gak Kuat Mamak Nak – Tribun Medan
Momen HUT RI, Air Mata Rosti Simanjuntak Menetes di Kayu Salib Brigadir J: Gak Kuat Mamak Nak – Tribun Medan
TRIBUN-MEDAN.com – Suasana kemerdekaan di Keluarga Brigadir Yosua Hutabarat atau Briagdir J
Must read×

Top