banner 728x90

KPK Gagal Bawa Tersangka, Bupati Mamberamo Tengah Masuk DPO – Solopos.com

STORY
KPK segera menerbitkan status daftar pencarian orang (DPO) terhadap Ricky Ham Pagawak yang diduga melarikan diri ke Papua Nugini.
SOLOPOS.COM – Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (Facebook)

Solopos.com, JAYAPURA — Aparat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) gagal membawa Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak ke Jakarta setelah tersangka kasus suap itu kabur dengan dibantu tiga polisi yang merupakan pengawalnya.
KPK segera menerbitkan status daftar pencarian orang (DPO) terhadap Ricky Ham Pagawak yang diduga melarikan diri ke Papua Nugini.
PromosiBayar Rp1 Juta Bawa Pulang Mobil Toyota Baru, Begini Caranya
Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangan tertulis yang diterima di Jayapura, Sabtu (16/7/2022), menyatakan bagi tersangka yang tidak kooperatif, KPK dapat melakukan penangkapan dan secara bertahap menerbitkan DPO.
“Siapa pun masyarakat yang mengetahui keberadaan tersangka RHP bisa melakukan penangkapan atau menginformasikan kepada KPK maupun aparat yang berwenang,” katanya.

Baca Juga: Bantu Tersangka Suap Kabur, 3 Polisi di Jayapura Dijebloskan ke Bui
Ricky Ham Pagawak merupakan tersangka kasus suap dan gratifikasi di Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua, yang kasusnya saat ini ditangani KPK.
Langkah tersebut bertujuan agar dugaan tindak pidana korupsi dimaksud dapat segera dibuktikan dan memberi kepastian hukum kepada tersangka.
KPK mempersilakan Ricky Ham Pagawak menyampaikan hak hukumnya di hadapan penyidik sehingga penanganan perkara ini dapat segera diselesaikan.
KPK mengingatkan siapa pun dilarang oleh undang-undang menghalangi proses penyidikan yang sedang dilakukan. Pelanggar aturan tersebut diancam pidana sebagaimana Pasal 21 UU Tindak Pidana Korupsi.
Dirkrimum Polda Papua Kombes Polisi Faizal Rahmadani secara terpisah mengungkapkan dari penyelidikan yang dilakukan, tersangka Ricky Ham Pagawak sudah melarikan diri ke Papua Nugini (PNG) melalui jalan setapak antara Skouw (RI)-Wutung (PNG).

“Ricky Ham Pagawak dilaporkan kabur sejak Kamis (14/7/2022) dengan membawa dua tas ransel,” jelas Kombes Faizal.
Baca Juga: Eks Pimpinan KPK Bambang Widjojanto Bela Tersangka Kasus Korupsi
Ia menegaskan akan menindak tegas siapa saja yang membantu dan terlibat dalam pelarian Ricky Ham Pagawak ke Papua Nugini.
Diberitakan sebelumnya, tiga polisi di Jayapura, Papua diduga membantu Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak yang menjadi tersangka kasus suap kabur ke negara tetangga, Papua Nugini.
Baca Juga: Belum Keluar Bui, Emirsyah Satar Jadi Tersangka Lagi
Ketiga polisi itu sudah ditahan untuk mempertanggungjawabkan perbuatan mereka.
“Memang benar saat ini tiga personel Polri ditahan di Mapolda Papua terkait kasus kaburnya RHP,” kata Kabid Propam Polda Papua Kombes Pol Gustav Urbinas di Jayapura, Sabtu (16/7/2022) seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Dijelaskan Kabid Propam, ketiga polisi yang ditahan yakni Aipda AI dan Bripka JW yang berasal dari Brimob dan Bripka EW dari Polres Mamberamo Tengah.
Baca Juga: Brotoseno, Mantan Polisi yang Memperistri Dua Selebritas Indonesia
Ketiga merupakan pengawal Ricky Ham Pagawak yang menjabat sebagai Bupati Mamberamo Tengah.
Dari ketiga pengawal pribadi itu seorang di antaranya yakni Aipda AI saat ini diperiksa penyidik KPK karena diduga terlibat proses kaburnya Ricky Ham Pagawak, Kamis (14/7/2022) ke Papua Nugini melalui Skouw (Jayapura)-Wutung (PNG).
Aipda AI diduga yang menyiapkan kendaraan dan handphone untuk Ricky Ham Pagawak kabur.
Baca Juga: 6 Kontroversi Brotoseno, Mantan Suami Siri Angelina Sondakh
Ketiga personel itu akan ditahan selama 30 hari dan akan diproses karena diduga melakukan pelanggaran kode etik.

“Nantinya mereka akan menjalani sidang komisi kode etik dengan ancaman hukuman pemberhentian secara tidak hormat (PTDH ),” ungkap Kombes Urbinas.
Ricky Ham Pagawak dilaporkan melarikan diri ke Papua Nugini, Kamis (14/7/2022), melalui perbatasan Wutung dengan melintasi jalan setapak.
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram “Solopos.com Berita Terkini”. Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.
Belum ada jaminan potensi konflik dan pelanggaran hak asasi manusia di Tanah Papua bisa dihentikan setelah pengesahan tiga provinsi baru. Ada kekhawatiran pemekaran justru jadi prakondisi pelanggaran hak asasi manusia pada masa mendatang.

Belum ada jaminan potensi konflik dan pelanggaran hak asasi manusia di Tanah Papua bisa dihentikan setelah pengesahan tiga provinsi baru. Ada kekhawatiran pemekaran justru jadi prakondisi pelanggaran hak asasi manusia pada masa mendatang.
Komnas HAM berharap bisa bertemu istri Kadiv Propam Polri, Irjen Pol. Ferdy Sambo, langsung untuk mengumpulkan keterangan terkait kasus polisi tembak polisi yang menyebabkan Brigadir J meninggal.
Dalam rangka merayakan Dies Natalis ke-42 Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo, serangkaian acara tentu sudah disiapkan.
Sejarah mencatat pada hari ini, 17 Juli, tepatnya 16 tahun lalu, yakni tahun 2006, terjadi bencana gempa dan tsunami siluman di Pangandaran.
Alumni Fakultas Pertanian UNS Solo angkatan 1983 menyerahkan bantuan gazebo kepada FP UNS.
Teater boneka Den Kisot menyajikan perpaduan budaya Jawa dan Spanyol yang bisa jadi satu-satunya di dunia saat ini. Teater boneka ini menyajikaj kritik untuk kehidupan kontemporer berbasis cerita yang ditulis 500 tahun lalu.
Berbagai peristiwa bersejarah terjadi di berbagai belahan dunia pada 17 Juli.
Pelibatan Komnas Perempuan diperlukan karena saksi kunci dalam kasus yang terjadi di rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo itu adalah seorang perempuan, yakni istri Irjen Pol. Ferdy Sambo.
Langkah Kapolri itu dinilai memberi peluang besar bagi transparansi kasus tersebut ke publik.
Namun para karyawan yang menggugat Yusuf Mansur itu kini punya senjata ampuh untuk menjerat dai kondang tersebut. 
Yusuf Mansur berjanji membayar gaji 14 karyawan di perusahaannya itu dengan mencicil mulai 31 Maret 2023.
Penghargaan untuk Kepala Staf TNI AL, Yudo Margono disematkan Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen, di Markas Besar Angkatan Laut Singapura, Singapura, Jumat (15/7/2022).
Ketua Dewan Pembina Garuda Nusantara Academy Prabowo Subianto mencari bibit unggul sepak bola untuk bisa masuk di Piala Dunia di masa mendatang.
Bibi Brigadir Josua, Rohani Simanjuntak menyatakan memori Whatsapp Brigadir Josua kali terakhir aktif pada Jumat pukul 17.05 WIB.
Sehari-hari Brigadir Josua adalah sopir bagi Putri Ferdy Sambo, istri Kadiv Propam Polri. 
Copyright © 2007-2022, Solopos Digital Media – Panduan Informasi & Inspirasi. All rights reserved.

source

Warga Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang Antusias Ikut Perlombaan Ramaikan HUT RI ke-77 – Pos-Kupang.com
Warga Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang Antusias Ikut Perlombaan Ramaikan HUT RI ke-77 – Pos-Kupang.com
Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray RebonPOS-KUPANG.COM, KUPANG – Warga
Must read×

Top