banner 728x90

Lahan akan Dikuasai Investor, Warga Pantai Widodaren Meradang – iNews.id

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Widodaren yang terletak di Kalurahan Kanigoro, Kapanewon Saptosari meradang. Objek wisata yang mereka rintis akan dikuasai investor, bahkan tembok-tembok mulai dibangun.
Ketua Pokdarwis pantai Widodaren Marjianto mengatakan, sejak tahun 2015 lalu, warga mulai membersihkan lahan menuju ke Pantai Widodaren. Secara swadaya mereka membiayai pembukaan objek wisata yang tak jauh dari Pantai Ngrenehan tersebut.
Warga juga membangun jalan sejauh dua kilometer menuju ke objek wisata. Tidak sedikit jalan ini menggunakan lahan milik warga yang merelakan tanahnya untuk jalan. 
“Kala itu kemudian ada salah seorang warga yang bekerja di Bank BUMN menawarkan CSR untuk membangun jalan tersebut,” katanya, saat datang ke Kalurahan Kanigoro, Rabu (11/5/2022). 
Usaha keras warga mulai membuahkan hasil dan banyak wisatawan datang. Warga juga membangun gazebo-gazebo untuk berjualan terutama kuliner dan mampu meninggkatkan ekonomi warga. 
Belakangan, tanpa ada sosialisasi ada kesepakatan antara pemerintah kalurahan dengan investor. Bahkan, sebagian lokasi sudah dibangun tembok pembatas. Akses jalan menuju pantai juga ditutup menggunakan portal.
“Sekarang dibangun ruko-ruko di dekat pantai dengan dana CSR itu juga. Ruko itu katanya untuk kami, tetapi lokasi dan ukurannya tidak sesuai kesepakatan,” ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel:

BERITA TERKAIT
KOMENTAR

source

Must read×

Top