banner 728x90

Pemuda Aceh Tamiang Pemilik Usaha Pengelolaan Kayu Arang – BARANEWS


 
Oleh : Ayu Wardani (4042018006), Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Langsa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Manajemen Zakat dan  Wakaf.
 
Arang merupakan barang yang sangat banyak di perlukan untuk kegiatan kehidupan sehari-hari. mulai dari menggosok dengan gosokan arang, hingga membakar sate bakar yang sering kita makan. tak jarang juga arang di gunakan untuk kehangatan tubuh di cuaca yang dingin di luar ruangan, dan tak jarang juga arang di gunakan untuk barbekyu bersama keluarga atau teman tercinta.
Sebut saja namanya bapak  Wisnuh fahriansyah yang usia saat ini menginjak 27 tahun. pemilik usaha pengelolaan kayu arang selama 3 tahun. seorang pemuda yang membangun usahanya untuk mendapatkan penghasilan. menjadi petani arang bukan lah sebuah usaha yang mudah untuk di jalankan. mulai dari harus mencari kayu bakau nya sendiri, hingga proses pengasapan, sampai dengan penjualan ke agen penjual arang.
Bahan utama yang digunakan oleh bapak Wisnuh fahriansyah adalah kayu bakau. beliau mencari kayu tersebut di laut yang memiliki banyak pohon bakau dan juga kadang-kadang beliau mencarinya ke hutan bakau. akan tetapi dalam menebang kayu bakau ini tidak bisa sembarangan dan sebebasnya untuk menebang semua pohon yang ada. beliau akan memilih pohon bakau mana yang sudah tua dan segala pertimbangan lain nya, agar beliau tidak di cap sebagai pencarian kayu bakau ilegal.
Selanjutnya setelah kayu bakau di kumpulkan, kayu bakau akan di masukkan ke dalam dapur pengasapan. proses pengasapan ini bisa berlangsung selama 5 hari. selama pengasapan berlangsung bapak Wisnuh Fahriansyah akan tetap memantau suhu panas dari pengasapan agar terciptanya arang yang berkualitas.
Kemudian arang yang telah selesai mengalami pengasapan akan di potong sesuai dengan permintaan agen arang. biasanya kayu arang akan di potong sepanjang 30 cm, dan kemudian di masukkan ke dalam goni 15kg. stelah semuanya selesai barulah kayu arang ini diperjualbelikan kepada agen agen arang. adapun harga dari 1kg arang nga sekitar 5.000 rupiah.
Bapak Wisnuh Fahriansyah juga mengatakan dalam wawancaranya, walaupun harga yang di perjual belikan tergolong murah, tapi ia tetap bersyukur karena setidaknya ia memiliki penghasilan untuk kehidupan sehari-harinya.

No More Posts Available.
No more pages to load.








source

Must read×

Top