banner 728x90

Penelitian Ekstrak Kulit Batang Kayu Manis Ampuh Turunkan Kadar Gula – Balipuspanews.com

DENPASAR, balipuapanews.com – Berkat penelitian ekstrak kulit batang kayu manis mengantarkan Anak Agung Bawa Putra, S.Si., M.Si., meraih gelar doktor. Ujian promosi doktor ini digelar, pada Kamis (28/7/2022), bertempat di ruang sidang Lt III, Gedung Pascasarjana Universitas Udayana, Denpasar.
Bawa Putra berhak menyandang gelar doktor karena mampu mempertahankan disertasi yang berjudul “Pengaruh Nano Kitosan-Tripolifosfat Ekstrak Kulit Batang Kayu Manis Terhadap Perubahan Malondialdehid, Superoksida Dismutase, dan Glutation Peroksidase Pada Tikus Wistar Hiperglikemia”.
Bawa Putra menerangkan, berdasarkan hasil penelitian bahwa kandungan zat aktif dari ekstrak kulit batang kayu manis bekerja untuk menetralkan radikal bebas sehingga mencegah kerusakan oksidatif pada sebagian besar biomolekul dan memberikan perlindungan yang signifikan terhadap kerusakan oksidatif sehingga menurunkan malondialdehid dan meningkatkan superoksida dismutase dan gutation peroksidase.
Penelitian ini membuktikan bahwa zat aktif dari ekstrak kulit batang kayu manis yang terenkapsulasi dalam kerangka kitosan-tripolifosfat dapat menurunkan kadar gula darah dan malondialdehid serta meningkatkan kadar superoksida dismutase dan glutation peroksidase.
Ujian dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi, Prof. dr. I Md. Ady Wirawan, MPH., Ph.D. dengan tim penguji adalah Prof. Dr. dr. I Wayan Putu Sutirta Yasa, M.Si (Promotor)! Prof. Dr. dr. I. B. Putra Manuaba, M.Phil (Kopromotor I), Dr. Drs. I Made Siaka, M.Sc. (Hons) (Kopromotor II), Prof. Dr. dr. I Made Bakta, Sp.PD-KHOM., Prof. Dr. dr. I Made Jawi, M.Kes., Prof. Dr. Drs. I Made Oka Adi Parwata, M.Si., Prof. Dr. Dra. Ni Made Suaniti, M.Si., Dr. dr. I Made Sudarmaja, M.Kes., Prof. Dr. Dra. Wiwik Susanah Rita, M.Si. dan Dr. Drs. I Made Sukadana, M.Si.
Pada ujian kali ini Dr. Anak Agung Bawa Putra, S.Si., M.Si.,dinyatakan lulus sebagai Doktor Lulusan ke – 353 Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dengan predikat Dengan Pujian (Cumlaude).
Sumber: www.unud.ac.id
Editor: Oka Suryawan

source

Must read×

Top