banner 728x90

Penyebab Bunga Hortensia Tidak Mekar dan Cara Mengatasinya – Kompas.com – KOMPAS.com

Penyebab Bunga Hortensia Tidak Mekar dan Cara Mengatasinya
JAKARTA, KOMPAS.com – Bunga hydrangea atau hortensia dikenal memiliki tampilan yang cantik dengan bentuk yang besar dan warna yang indah. 
Lantaran tampilannya tersebut, membuat bunga hortensi menarik perhatian, baik di taman maupun digunakan sebagai dekorasi. 
Baca juga: 4 Tanaman yang Cocok Ditanam Bersama Bunga Hortensia
Bunga hortensia menjadi salah satu bunga tercantik di dunia serta banyak digunakan untuk karangan bunga dan sebagai dekorasi untuk berbagai acara seperti pernikahan.
Hydrangea adalah tanaman bunga yang cocok untuk banyak tukang kebun. Namun, saat bunga besar itu tidak mekar, hal ini bisa membuat kecewa dan frustasi banyak tukang kebun. 

Ilustrasi bunga - Bunga Hortensia atau bunga Hydrangea.UNSPLASH / Summer Quinn Ilustrasi bunga – Bunga Hortensia atau bunga Hydrangea.

Dilansir dari Gardening Know How, Kamis (14/7/2022), bunga hortensia yang tidak mekar sebetulnya masalah umum dan bisa diatasi dengan beberapa solusi sederhana. 
Pertama, periksa zona tahan banting tanaman untuk memastikan memiliki jenis bunga hortensia yang tepat untuk wilayah Anda. 
Baca juga: Tips Menanam Bunga Hortensia di Dalam Rumah
Bunga hortensia yang tidak mekar sering disebabkan varietas yang Anda tanam. Beberapa varietas hydrangea menumbuhkan bunga dari kayu baru dan sebagian menanam bunga dari kayu tua.
Jika tanaman bunga hortensia tidak berbunga, Anda harus mencari tahu varietas mana yang dimiliki. Hydrangea yang berbunga dari kayu yang baru tumbuh tidak menimbulkan banyak masalah mekar.
Beberapa tanaman hortensi paling umum berasal dari keluarga berdaun besar atau Hydrangea macrophylla. Ini menghasilkan bunga berwarna biru atau merah muda yang indah.
Namun, ada banyak kultivar berbeda yang dibuat dari keluarga tanaman ini dan cenderung mati kembali ke dasar tanah pada cuaca dingin.  
Baca juga: Penyebab Bunga Hortensia Gagal Mekar dan Tips Merawatnya
Apabila kayu yang ada atau “tua” pada varietas hortensia ini mati kembali ke tanah, hydrangea  tidak akan mekar ketika tumbuh kembali pada musim berikutnya.
Hal ini karena sibuk menumbuhkan kayu baru dan dengan jenis hydrangea ini, bunga tidak akan terbentuk pada kayu yang baru tumbuh.
Tangkai “tua” adalah tempat bunga tahun depan akan muncul. Untuk itu, lindungi bunga hortensi dari embun beku dan suhu beku cuaca dingin guna membantunya tampil lebih baik pada musim kemarau. 
Baca juga: 6 Fakta Menarik Bunga Hortensia yang Belum Diketahui Orang

Ilustrasi bunga - Bunga Hortensia atau bunga Hydrangea.UNSPLASH / Connor Moyle Ilustrasi bunga – Bunga Hortensia atau bunga Hydrangea.

Apabila langkah-langkah di atas telah dilakuka, tapi bunga hortensia masih juga tidak berbunga, kemungkinan Anda telah memangkasnya terlalu jauh tahun sebelumnya.
Sering kali bunga hortensia yang tidak menghasilkan bunga telah dipangkas pada awal Maret dan akhir Desember.
Bunga hortensia yang terlalu dipangkas cenderung mati kembali lebih dari biasanya dan Anda harus menunggu setahun penuh sebelum bunga mekar kembali.  
Baca juga: Rahasia Mengubah Warna Bunga Hortensia Sendiri Sesuai Keinginan 
Sebagai solusi, pangkas bunga hortensi hanya pada awal Maret ketika melihat kayu mati. Sekali lagi, jika melihat bunga hortensia tidak mekar, pastikan mengetahui varietasnya dan perhatikan seberapa jauh bunga mati tahun sebelumnya.
Selain itu, lakukan pengujian. Jika tanah memiliki banyak nitrogen, bunga hortensia memiliki pertumbuhan yang subur, tapi tidak berbunga.
Sama dengan banyak tanaman berbunga lainnya, bunga hortensia membutuhkan fosfor untuk mekar dan berbunga dengan baik.
Menambahkan tepung tulang adalah cara bagus untuk meningkatkan fosfor dalam tanah. Ingatlah hal ini ketika memilih pupuk untuk tanaman. 

Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan.
Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.
Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Kunjungi kanal-kanal Sonora.id
Motivasi
Fengshui
Tips Bisnis
Kesehatan
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source

Warga Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang Antusias Ikut Perlombaan Ramaikan HUT RI ke-77 – Pos-Kupang.com
Warga Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang Antusias Ikut Perlombaan Ramaikan HUT RI ke-77 – Pos-Kupang.com
Laporan Reporter┬áPOS-KUPANG.COM, Ray RebonPOS-KUPANG.COM, KUPANG – Warga
Must read×

Top