banner 728x90

Pesona Puncak Ulurina di Kolaka, Wisata dengan Kolam Renang di Dataran Tinggi – Kendariinfo

Kendariinfo
Media Milenial Sultra
Kolaka – Satu lagi wisata di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang wajib dikunjungi karena keindahan pemandangan dan fasilitas kolam renang yang berada dari dataran tinggi yang harus dicoba, yaitu Puncak Ulurina. Wisata ini terletak di Desa Ulurina, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka. Tempat ini bahkan menjadi salah satu nominasi di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022 untuk kategori wisata dataran tinggi.
Karena letaknya yang berada di ketinggian, maka pemandangan perkampungan, sawah dan laut, juga area pertambangan nikel di Kecamatan Wolo bisa dinikmati hingga malam hari jika sedang tidak berkabut. Sementara pada pagi harinya, pengunjung akan dimanjakan dengan penampakan matahari terbit yang terlihat dari atas puncak, itulah beberapa daya tarik yang ditawarkan.
Salah satu pengelola Puncak Ulurina, Sulfikar saat dihubungi Kendariinfo mengatakan, lokasi wisata yang dikelola melalui Anggaran Dana Desa (ADD) baru dibuka pada akhir tahun 2021 lalu. Pihaknya kemudian mengembangkan fasilitas di tempat tersebut berupa kolam renang dan gazebo.
“Untuk air kolam renangnya kami punya mata air memang dari atas yang sekaligus menjadi sungai kecil di sini. Selain itu, kami punya dua gazebo besar dan tiga gazebo kecil, kalau toilet sementara satu, insyaallah akan kita buat permanen,” ujarnya melalui pesan WhatsApp, Rabu (13/7/2022).
Selain dari ADD, untuk operasional pengembangan wisata pihaknya menarik kontribusi dari pengunjung sejumlah Rp5 ribu untuk kunjungan biasa, sedangkan bagi yang ingin berkemah, maka dikenakan tarif Rp10 ribu. Lokasi wisata tersebut juga dibuka setiap hari.
“Kalau untuk pengunjung biasa hari Minggu itu ramai, mereka datang dari berbagai tempat, ada yang dari Kolaka atau Kolaka Utara juga biasa ada,” ungkap Sulfikar.
Sejauh ini, kata Sulfikar, pembangunan dan pengembangan lokasi wisata terkendala pada anggaran yang terbatas karena hanya mengandalkan ADD. Mereka juga belum mengajukan proposal pada instansi terkait di Kolaka.
“Sampai saat ini belum kami lakukan pengajuan dana di luar, masih kami pertimbangkan,” tuturnya.
Sementara itu, salah satu pengunjung Puncak Ulurina, Jhony Ahmad mengungkapkan pengalamannya usai mengunjungi lokasi wisata itu. Ia mengatakan, suasana di atas puncak sangat sejuk dengan hawa dingin yang cukup menusuk karena berada di ketinggian, namun semua itu terbayar dengan pemandangan yang disuguhkan.
“Aslinya bagus sekali, kalau pagi terlihat matahari terbit, sedangkan kalau siang seperti di atas awan,” ujarnya kepada Kendariinfo.
Selain itu, kata Jhony jalur menuju puncak terbilang mudah karena sudah di beton, serta aman untuk dilalui kendaraan bermotor meski harus melalui pendakian. Usai mengunjungi wisata tersebut, ia juga memberikan masukan agar pemerintah memperhatikan tempat tersebut, terlebih pada penataan wisata dan promosi lokasi wisata.
“Kalau menurut saya perlu ada bantuan dari pemerintah saja untuk penataan wisatanya, apalagi wisata ini masuk nominasi 10 besar API Award,” pungkasnya.
Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

source

Must read×

Top