banner 728x90

Ragam Warna Lantai Kayu yang Sesuai dengan Gaya Rumah – Kompas.com – KOMPAS.com

Ragam Warna Lantai Kayu yang Sesuai dengan Gaya Rumah
JAKARTA, KOMPAS.com – Lantai kayu menjadi pilihan yang banyak digunakan orang saat memilih lantai untuk rumah mereka. 
Lantai kayu tidak hanya meningkatkan fitur ruangan mana pun, tetapi juga terkenal memiliki daya tahan, kekuatan, dan umur panjang sehingga menjadikannya pilihan ideal.
Baca juga: Apakah Lantai Kayu Cocok dan Aman untuk Kamar Mandi? Ini Penjelasannya
Namun, sebelum memutuskan memasang lantai kayu, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya warna kayu yang diinginkan.
Warna kayu tertentu akan terlihat lebih baik daripada yang lain. Misalnya, jika ingin menonjolkan karpet dan furnitur, warna kayu yang lebih terang akan menonjolkannya lebih baik daripada lantai kayu berwarna gelap.
Memilih warna untuk lantai kayu dapat mengubah semua nuansa rumah, jadi pertimbangkan gaya apa yang ingin dicapai dan bicarakan dengan pemasok lantai kayu terkemuka sebelum membuat keputusan akhir.  
Dilansir dari My Decorative, Senin (4/4/2022), berikut sejumlah pilihan warna lantai kayu yang sesuai dengan rumah Anda. 
Baca juga: Hindari, 7 Hal Ini Dapat Merusak Lantai Kayu

Ilustrasi lantai kayu, penggunaan lantai kayu di rumah.UNSPLASH/COLLOV HOME DESIGN Ilustrasi lantai kayu, penggunaan lantai kayu di rumah.

Untuk gaya lebih minimalis dan kontemporer, nada kayu yang lebih terang atau light wood sering kali menjadi pilihan nomor satu.
Varian seperti Victorian Ash dan Tasmanian Oak sering digunakan dalam konsep desain modern karena bisa mencerahkan ruang sambil menambahkan nuansa bersih serta minimalis ke rumah.
Nada lantai kayu light wood adalah pilihan sangat bagus untuk karpet dan furnitur yang menonjol. 
Baca juga: Plafon dan Lantai Kayu Berjamur? Ini Cara Membersihkannya
Lantai kayu dengan warna medium hadir dalam rona coklat hangat, karamel, dan amber. Nada kayu medium telah menjadi pilihan banyak keluarga selama bertahun-tahun karena membawa rasa kehangatan, kenyamanan, serta gaya ke rumah. 

Ilustrasi lantai kayu di kamar mandi. Shutterstock/Beyond Time Ilustrasi lantai kayu di kamar mandi.

Warna lantai kayu gelap yang dalam dan gerah menghadirkan keunggulan yang kuat pada gaya desain Anda.
Kayu yang lebih gelap seperti Jarrah dan Walnut dapat diwarnai hampir hitam untuk menonjolkan dinding putih serta menambahkan dekadensi ke lingkungan apa pun.
Kayu gelap saat ini kembali ke pasar gaya dengan banyak desainer interior dan investor rumah menjadikannya sebagai pilihan nomor satu. 
Baca juga: 3 Cara Mudah Membersihkan Lantai Kayu Laminasi 
Ini merupakan kayu segar berwarna cerah yang kuat dan tahan lama. Pilihan yang menonjol bagi banyak desainer yang menggunakan furnitur serta dekorasi berwarna berani.
American white oak dapat dengan mudah diwarnai dalam berbagai warna atau tetap alami dan hanya diminyaki sehingga menonjolkan keindahan nada pucat pada kayu. 
Baca juga: Cara Membersihkan Lantai Kayu Keras Secara Alami

Ilustrasi lantai kayu Tasmanian oakShutterstock/Miguel Antonio Sityar Ilustrasi lantai kayu Tasmanian oak

Dari keluarga eucalyptus, Tasmanian oak adalah kayu ringan lainnya dengan banyak warna, mulai kuning pucat hingga coklat kemerahan muda. Ini adalah jenis kayu lain yang mudah diwarnai, kuat, tahan lama, dan multifungsi.
Matai adalah varietas asli Selandia Baru dan merupakan pilihan yang sangat populer di kalangan desainer rumah.
Termasuk dalam kategori warna sedang, Matai memiliki warna dasar yang menembus kuning, oranye, dan merah tua dengan garis kayu gubal berwarna krem. Warna dan butiran kayu Matai yang rapat menjadikannya pilihan sangat baik untuk lantai fitur. 
Baca juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Lantai Kayu

Ilustrasi lantai kayu jenis Walnut.Shutterstock/everydayplus Ilustrasi lantai kayu jenis Walnut.

Butiran bergelombang dalam lantai kayu Walnut sangat indah. Dari coklat muda hingga cokelat tua, Walnut menghadirkan kecanggihan serta elegan tersendiri.
Kayu kenari sangat menarik dengan lapisan minyak atau dapat digelapkan dengan pewarna yang kaya. Ini adalah kayu dengan kekuatan sedang yang tahan goncangan serta memiliki pengusir serangga alami. 
Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Permukaan Lantai Kayu
Jarrah menjadi salah satu pilihan paling populer untuk lantai kayu saat ini di pasar desain. Tumbuh di Australia Barat, Jarrah adalah kayu yang lebih gelap, kuat, tahan lama, dan serbaguna.
Dalam nada hangat merah tua dan coklat tua, Jarrah memberikan kehangatan serta kecanggihan yang berbeda dengan pilihan kayu lainnya.
Selain itu, nada lantai kayu ini dapat diwarnai sesuai dengan selera dan gaya apa pun. Menghiasi banyak lantai proyek desainer interior, Jarrah memiliki kelas dan keindahan yang tak tertandingi. 

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Kunjungi kanal-kanal Sonora.id
Motivasi
Fengshui
Tips Bisnis
Kesehatan
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source

Fortuner `Sultan`, Spion Mobil Disiksa Angkut Balok Kayu – Dream.co.id
Fortuner `Sultan`, Spion Mobil Disiksa Angkut Balok Kayu – Dream.co.id
Toyota Fortuner Angkut Kayu. (Source: Instagram @makassar_info)
Tata Cara dan Aturan Pemasangan Bendera Merah Putih yang Benar – Popmama.com
Tata Cara dan Aturan Pemasangan Bendera Merah Putih yang Benar – Popmama.com
Pemasangan bendera merah putih ternyata memiliki aturannya,
Must read×

Top