banner 728x90

Rumah Adat Dulohupa, Destinasi Wisata Gorontalo Bersejarah dan Ikon Daerah – Tribun Gorontalo

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Rumah adat Dulohupa adalah destinasi wisata Gorontalo yang bersejarah. 
Tidak heran, wisata Gorontalo ini menjadi ikon daerah. Nama rumah adat “Dulohupa” bahkan disematkan di sejumlah ruangan pertemuan. 
Posisi rumah adat Dulohupa yang berada di simpang empat perkotaan, menjadikannya sebagai destinasi wisata Gorontalo yang mudah dijangkau. 
Rumah adat Dulohupa juga disebut dengan nama Yiladia Dulohupa Lo Ulipu Hulondhalo. Di bangun tepatnya di Kelurahan Limba U II, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo.
Kepada Tribungorontalo.com, penjaga rumah adat Dulohupa, Muhamad Hadiri menjelaskan, destinasi wisata Gorontalo itu  kini dikelola oleh Dinas Pariwisata Kota Gorontalo.
Kata dia, rumah adat ini memang dibangun berdasarkan prinsip dan kepercayaan warga Gorontalo. Bagian atapnya berbentuk segitiga bersusun yang menggambarkan syariat dan adat Gorontalo. 
Atap bagian atas menggambarkan kepercayaan penduduk Gorontalo terhadap Tuhan yang Maha Esa dan agama merupakan kepentingan utama di atas yang lainnya. 
Sedangkan atap bagian bawah menggambarkan kepercayaan penduduk Gorontalo terhadap adat istiadat serta budaya. 
Dulunya, di puncak atap terdapat dua batang kayu yang dipasang bersilang pada puncak atap atau disebut Talapua.
“Penduduk Gorontalo percaya bahwa Talapua dapat menangkal roh – roh jahat, namun seiring perkembangan kepercayaan islami, sekarang Talapua sudah tidak dipasang lagi.” seperti dikutip dari situs Kemendikbud. 
Saat ini, rumah adat Dulohupa lebih banyak digunakan untuk acara-acara pernikahan maupun ulang tahun. 
Namun biasanya pelaksanaan acara tidak dilakukan di bagian dalam rumah adat, melainkan di bagian bawah panggung. Kecuali acara pernikahan, biasanya pelaksanaan ijab kabul dilakukan di dalam rumah adat. 
Masyarakat bisa menyewa tempat di rumah adat ini dengan harga Rp 1 juta. (*)

source

5 Bumbu Dapur yang Ampuh Turunkan Kolesterol Secara Alami – detikFood
5 Bumbu Dapur yang Ampuh Turunkan Kolesterol Secara Alami – detikFood
ADVERTISEMENT Penyakit kolesterol tinggi kini dialami banyak
Must read×

Top