banner 728x90

Rumah Masa Muda SBY di Pacitan Kerap Jadi Jujugan Wisatawan – detikcom

Kabupaten Pacitan menyimpan sejumlah tempat wisata menarik. Di sini banyak destinasi alam yang mengundang decak kagum pengunjung. Namun selain itu, ada satu tempat yang belakangan kerap didatangi wisatawan.
Tempat tersebut adalah rumah masa remaja presiden RI keeman, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kelurahan Ploso, Pacitan. Di sini, banyak wisatawan yang sengaja mampir untuk menilik masa muda SBY.
Kerabat SBY sekaligus pemilik rumah, Soedjono (85) mengatakan, belakangan ini tak sedikit wisatawan luar yang sengaja mampir ke pendopo.
“Dari mana-mana. Ada yang dari Bandung, Jakarta, Surabaya. Pokoknya wisatawan yang datang ke Pacitan biasanya mampir,” ungkapnya, Minggu (20/3/2022).
Di rumah ini, dari semua sudut ruangan yang ada, boleh dibilang kamar SBY lah yang kerap didatangi pengunjung. Letaknya berada di pojok kanan belakang aula pendopo.
Ukurannya sendiri tak luas. Yakni sekitar 1,5 x 2,5 meter. Di dalamnya terdapat dipan dan sebuah meja kecil. Semuanya serba sederhana.
“Dipan, kasur, dan mejanya masih asli. Jadi di sini dulu SBY belajar kalau malam hari. Sedangkan sore hari tiap pulang sekolah biasanya main bola voli. Biasanya sambil tiduran baca buku. Terus kalau sambil belajar ngemil kacang seperti itu,” kenang Soedjono.
Soedjono yang pernah mengajar SBY di SMA 1 Pacitan, kemudian mengungkap alasan mengapa SBY muda tinggal di sini dan tak mengikuti orang tuanya.
“Memang sejak SMP sampai SMA tinggal di sini karena ayahnya seorang danramil dan dinasnya berpindah-pindah,” kata Soedjono.
Tak hanya menyimpan kenangan SBY muda, rumah ini juga asri. Saat detikJatim berkunjung, sebuah halaman luas menjadi penanda bagian depan kompleks bangunan. Dua pohon mangga tinggi menjulang dengan daun rindang, membuat area tersebut sejuk sepanjang hari. Sementara di bawah salah satu pohon, terdapat bangunan mini berbahan kayu yang difungsikan sebagai pos.
Diapit hunian bercorak modern tak membuat bangunan pendopo tersebut usang. Justru sebaliknya, bangunan ini tampak antik dan berwibawa. Bentuknya tak berubah dari waktu ke waktu. Hanya rangka atap sudah diganti karena termakan usia. Instalasi listrik juga sudah terpasang di dalamnya.
“Kami upayakan tetap utuh seperti aslinya. Jangan sampai diubah,” ucap Soedjono.
Keputusan itu bukan tanpa alasan. Bagi keluarga, tempat tersebut memiliki ikatan sejarah tak ternilai. Satu diantaranya karena tokoh bangsa ini pernah tinggal di situ.
Soedjono pun mengaku, selama ini terus merawat bangunan bersejarah tersebut. Selain merapikan bagian luar, seluruh ruangan di dalamnya juga rutin dibersihkan. Untuk kepentingan itu, pihak keluarga dibantu seorang sukarelawan yang tinggal tak jauh dari pendopo.

source

Tags: #Rumah Kayu

Model Rumah Kayu Minimalis yang Asri dan Eksklusif – HarapanRakyat.com
Model Rumah Kayu Minimalis yang Asri dan Eksklusif – HarapanRakyat.com
Model rumah kayu minimalis mungkin jarang ditemukan
Must read×

Top