banner 728x90

Segudang Potensi di Kecamatan Cimanggu, Siap Mengguncang Sukabumi – Jurnal Sukabumi

JURNALSUKABUMI.COM – Kecamatan  Cimanggu, Kabupaten Sukabumi memiliki segudang potensi yang menarik dan bernilai ekonomis untuk dikembangkan. Sejumlah potensi unggulan tersebut diklasifikasikan ke dalam bidang pertanian, wisata, hingga budaya. Keberhasilan tersebut, tak lepas sentuhan tangan dingin dari andil Camat yang hampir satu tahun menjabat yang bernama Yuki Ramdan Priana.
Anugerah alam ciptaan yang maha kuasa yang menjadi destinasi wisata yang digandrungi di wilayah Cimanggu yakni wisata alam atau pariwisata ekologis alami. Kondisinya, relatif masih perawan dan belum tercemar.  Bahkan di dalamnya  dipenuhi segudang pemandangan yang eksotis dengan berbagai tumbuh-tumbuhan dan satwa liar. Salah satunya di Goa Baduy Palayangan.
Goa Baduy Palayangan berada di Kampung Palayangan, Desa Sukamanah, Kecamatan Cimanggu. Lokasi ini merupakan salah satu destinasi baru yang seru bagi pecinta wisata petualang. Goa Baduy bisa dibilang surga tersembunyi yang dulunya berfungsi sebagai tempat persembunyian pribumi di masa penjajahan tentara kolonial Belanda.
Selain memiliki nilai historis, goa ini cukup unik dan masih sangat alami. Kini dijadikan tempat wisata yang menguji adrenalin. Wisatawan bisa melakukan aktivitas ekstrem seperti menyusuri sungai yang mengalir di bawah goa. Aktivitas ini dikenal sebagai cavetubing, petualangan yang memadukan kegiatan susur goa dan arung jeram. Tak hanya cavetubing, ada juga aktivitas ekstrem lainnya seperti caving, rappeling, dan outbound.
Selain aktivitas seru, di sini juga ada fasilitas mulai dari gazebo, tempat duduk, toilet, spot foto, warung makan, dan lainnya. Hal itu ditegaskan Yuki Priana selaku orang nomor satu di Kecamatan Cimanggu.
Tidak hanya itu, Kecamatan yang menaungi enam desa yang terdiri Desa Boregahindah, Cimanggu, Karangmekar, Sukajadi, Sukamaju, dan Sukamanah memiliki objek wisata wahana air yang jadi perbincangan. Namanya Embung Gupitan Wanadesa. Letaknya di lokasi Panorama Cikondang, Desa Cimanggu.
Tapi itu hanya contoh kecil saja. Masih ada banyak potensi lainnya yang asyik untuk digali dari Kecamatan Cimanggu. Sekiranya itu yang di katakan Yuki lulusan Strata dua Magister Administrasi Publik.
Dia terbilang camat paling muda di Kabupaten Sukabumi ini menyebut, selain wisata alam, kecamatan Cimanggu juga memiliki potensi lain yang dapat dikembangkan seperti usaha mikro kecil menengah. Jenis UMKM yang mendominasi di kecamatan Cimanggu adalah UMKM kuliner dan UMKM di bidang hasil kerajinan tangan.
“Untuk UMKM kuliner ini banyak makanan yang dihasilkan khususnya di desa desa, seperti opak, gula, beras merah, penganannya seperti kue dikemas oleh BUMDes Sukajadi. Jadi yang paling banyak produk yaitu ladu, cucur, kripik singkong, kripik pisang,” tuturnya.
Bahkan untuk mendorong produktivitas di setiap desa dibawah naungan pemerintah Kecamatan Cimanggu, para ibu PKK di Kecamatan Cimanggu di dorong untuk menghasilkan prodak. Bahkan di setiap acara pun pasti meluangkan untuk mengikuti bazaar UMKM yang diselenggarakan di setiap desa maupun kecamatan di kabupaten Sukabumi.
Selain kuliner lanjut Yuki yang sempat menjabat di Sekertariat Daerah Kabupaten Sukabumi itu, ada kerajinan tangan yang mengandalkan bahan baku dari kayu dan bambu. Meliputi alat memasak tradisional seperti boboko, asepan, piring, cangkir yang terbuat dari kayu dan juga kerajinan pandai besi yang menghasilkan golok, pisau dan lainnya.
Reporter: Ilham Nugraha | Redaktur: Usep Mulyana
Copyright © 2022 Jurnal Sukabumi
Copyright © 2022 Jurnal Sukabumi
Login to your account below



Fill the forms bellow to register



Please enter your username or email address to reset your password.



source

Warga Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang Antusias Ikut Perlombaan Ramaikan HUT RI ke-77 – Pos-Kupang.com
Warga Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang Antusias Ikut Perlombaan Ramaikan HUT RI ke-77 – Pos-Kupang.com
Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray RebonPOS-KUPANG.COM, KUPANG – Warga
Must read×

Top