banner 728x90

Sejumlah Objek Wisata Mati Suri – Radar Jogja

In Uncategorized


RADAR JOGJA – Dampak pandemi Covid-19 masih merusak sendi-sendi sektor pariwisata di Gunungkidul. Sejumlah destinasi wisata bahkan sampai mati suri. Ini terutama tempat piknik minat khusus. Pihak terkait terus melakukan berbagai upaya penanganan agar pelaku wisata bangkit dari keterpurukan.
Sebut saja Green Village dan Puncak 4 G di Kapanewon Gedangsari. Dua tempat rekreasi itu hingga kini nyaris tidak ada aktifitas berarti. Pun demikian sejumlah pengelola masih berupaya melakukan perawatan asset. Pengunjung nampak kecele ketika datang berkunjung.”Sekitar dua minggu lalu saya datang ke Green Village. Terlihat ada aktifitas perbaikan di sekitar tulisan Green Village. Tidak ada pengunjung selain saya,” kata seorang wisatawan asal Jawa Tengah, Purwanto ini.
Hal serupa dialami destinasi wisata minat khusus Puncak 4G Gedangsari. Lanskap berupa alam bebas nun indah. Namun sarana dan prasarana pendukung terkesan tidak terawat. Jika sebelumnya ada tempat nongkrong berupa gazebo tertata bersih dan kokoh, sekarang terbengkelai.”Saya bersama kawan sempat naik ke Puncak 4G. Tapi tidak ada lagi petugas jaga seperti dulu,” kata Ahmad Subhi wisatawan lokal.
Menurutnya Puncak 4G memiliki potensi alam yang layak dijadikan objek wisata. Bahkan lokasi tersebut beberapa tahun sebelumnya pernah nge-hits. Banyak pelancong dari berbagai wilayah hilir mudik berdatangan. Pihaknya berharap kepada pengelola agar menghidupkan destonasi Puncak 4G.
Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul Muhammad Arif Aldian tidak menampik prihal mati surinya sejumlah destinasi wisata minat khusus. Pandemi Covid-19 dituding sebagai biang kerok lesunya iklim pariwisata. Karena tidak ada pengunjung, para pengelola nemilih bersikap pasif.”Bahkan di Bali sekalipun wisatanya tidak seramai dulu. Belum lama ini kami melakukan kunjungan ke Bali,” kata Muhammad Arif.
Apa langkah dispar untuk menggairahkan wisata di Gunungkidul? Meski terbentur dengan anggaran pihaknya optimis destinasi wisata wilayah ujung timur Provinsi DIJ ini tetap bisa survive. Salah satu bentuk dukungan dari pemerintah adalah penguatan SDM. Harapannya kualitas pelayanan lebih baik lagi.”Dispar Gunungkidul melalui anggaran DAK non fisik bidang kepariwisataan 2022 juga melaksanakan kegiatan pelatihan kepada anggota SAR Satlinmas,” ujarnya.
Adapun kegiatan lapangan dilaksanakan di destinasi wisata berbasis air yang memiliki resiko sama atau hampir sama dengan destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul. Seperti diketahui, wisata bahari masih menjadi primadona bagi pengunjung. Perlu adanya peningkatan kemampuan dan pemahaman pengelola maupun tim SAR dalam mengelola destinasi dan menjaga keamanan pengunjung.”Diharapkan setelah adanya pelatihan para peserta mampu mengimplementasikan sesuai lokasi bertugas masing- masing dan dapat memberikan pelayanan prima pada setiap pengunjung,” pintanya. (gun/din)

source

Warga Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang Antusias Ikut Perlombaan Ramaikan HUT RI ke-77 – Pos-Kupang.com
Warga Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang Antusias Ikut Perlombaan Ramaikan HUT RI ke-77 – Pos-Kupang.com
Laporan Reporter┬áPOS-KUPANG.COM, Ray RebonPOS-KUPANG.COM, KUPANG – Warga
Must read×

Top