banner 728x90

Sepeda Motor Kayu Karya Siswa SMK 5 Malang Ini Bertenaga Baterai Laptop Bekas – Otomotif Tempo

TEMPO.CO, Surabaya – Sebuah sepeda motor antik terpajang dalam arena pameran VokasiLand di Grand City Mall, Surabaya, Jumat, 29 Juli 2022. Dirakit dari pipa-pipa besi dipadu dengan kayu jati, kendaraan roda dua merek Kalima itu hasil rakitan guru dan siswa Sekolah Menengah Kejuruan 5 Malang.
Motor bertenaga baterei itu mencuri perhatian pengunjung pameran yang digelar Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek tersebut. Beberapa pengunjung mencoba menaiki dan menjalankan di seputar arena pameran.
Kepala Sekolah SMK 5 Malang Cone Kustarto Arifin berujar sepeda motor ramah lingkungan Kalima itu dirakit pada 2020  saat pandemi corona sedang mewabah. Karena kegiatan belajar mengajar berhenti total, timbul ide di benak Cone menciptakan kesibukan sebagai pengisi kekosongan. Ia pun mendesain model sepeda motor elektrik.
Cone menuturkan pembuatan sepeda motor tersebut dimulai dari nol. Awalnya besi lonjoran sebagai kerangka bodi dipotong-potong dan dirakit sendiri. Untuk memberi sentuhan artistik, Cone bekerja sama dengan jurusan Kriya Kayu di SMK tersebut sebagai pendesain bodi.
Cone melengkapinya dengan dua buah kotak di bagian belakang untuk menaruh peralatan-peralatan yang diperlukan selama perjalanan. Setelah prototipe sepeda motor terbentuk, barulah diberi energi sebagai penggeraknya. “Kami menggunakan baterei laptop bekas sebesar 3.000 watt sebagai tenaga penggeraknya,” ujar Cone.
Dengan tenaga sebesar itu, kata Cone, sepeda motor mampu berjalan sejauh 40 Km. Melewati jarak tersebut, baterei mesti di-charge lagi. Proses isi ulang bateri, menurut dia, cukup praktis karena tinggal menancapkan ke colokan listrik. Namun Cone mengakui kecepatan motor ciptaanya itu masih kurang ideal akibat beban yang terlalu berat. Penyebabnya, ketebalan bodi kayunya 2 Cm. “Mestinya 1 cm saja cukup,” katanya.
Meskipun wujud sepeda motornya sudah jadi, namun Cone masih terus mengevaluasi. Ia ingin mengurangi beban kayunya agar makin lincah dipakai berkendara. Bila selama ini Kalima mampu melaju dengan kecepatan maksimal 70 Km/jam, Cone yakin kegesitannya akan makin bertambah bila ketebalan kayu dikurangi.
Selain itu suspensinya juga bakal diganti dengan yang lebih nyaman untuk bermanuver, serta dinamonya ditambah depan belakang agar kuat dipakai menanjak. Sejauh ini Cone telah menghabiskan biaya Rp 70 juta untuk membuat sepeda motor tersebut. Anggaran itu sebagian untuk bongkar pasang sistem kelistrikan, dinamo penggerak, suspensi, rantai dan lain-lain. “Kami masih berproses sampai ketemu titik idealnya,” ujar Cone.
Baca juga: Daftar Sepeda Motor Listrik yang Bisa Dicoba di PEVS 2022
Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

 
Pameran Djogjantique Day akan digelar di Jogja Expo Center (JEC), Bantul, DI Yogyakarta, 5-6 Agustus 2022.
Pameran Djogjantique Day akan dipusatkan di Jogja Expo Center (JEC), Bantul, DI Yogyakarta, 5-6 Agustus 2022.
Ban tanpa angin tersebut telah diuji pada kendaraan milik tim medis TNI AD melewati medan berat seperti menggilas paku dan ditembak.
Mengingat fungsinya yang penting, maka perlu perawatan lampu motor agar tetap berfungsi normal. Yamaha pun memberikan tips.
Simak cara menggunakan WhatsApp Web di HP dan laptop yang mudah
Safety riding atau Berkendara motor yang aman dimulai dengan menggunakan perlengkapan berkendara yang aman
Zyrex menargetkan dapat memenuhi kebutuhan laptop nasional bernilai sekitar Rp 900 miliar.
Menjaga jarak bermanfaat agar pengereman kendaraan bermotor mendadak dapat bekerja lebih maksimal dan meminimalkan kemungkinan terjadinya hal buruk.
Meski lampu hazard kerap disebut sebagai lampu darurat, namun kondisi darurat yang dimaksudkan ini bukan termasuk kondisi hujan deras maupun berkabut.
Pemerintah Kota Jakarta Pusat dilaporkan telah menyita sejumlah sepeda motor yang tertangkap parkir liar di area Citayam Fashion Week.

source

Warga Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang Antusias Ikut Perlombaan Ramaikan HUT RI ke-77 – Pos-Kupang.com
Warga Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang Antusias Ikut Perlombaan Ramaikan HUT RI ke-77 – Pos-Kupang.com
Laporan Reporter┬áPOS-KUPANG.COM, Ray RebonPOS-KUPANG.COM, KUPANG – Warga
Must read×

Top