banner 728x90

Sering Menyendiri Di Hutan, Empu Kiman Hasilkan Pahatan Patung Berharga Jutaan – Kabar Trenggalek – Kabar Trenggalek

Feature
Sosok Empu Kiman, perajin patung pahat Trenggalek/Foto: Kabar Trenggalek
Kabar Trenggalek Empu Kiman, sebutan perajin pahatan patung kayu dan batu manual itu. Ia adalah warga Desa Jajar, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek. Badannya yang sudah tua masih nampak semangat untuk menunjukkan jiwa seni.
Rumah di pinggir gunung yang menjulang tinggi tak membuat Kiman kehabisan cara untuk berkreasi. Lewat patung pahatan Kiman sering mendapatkan keuntungan rupiah.
Disinyalir pria kelahiran 1954 itu tak mampu menganalisa dapatnya ide darimana membuat patung. Hanya saja dia mengaku dari angan-angan bisa menatah patung sesuai serat kayu.
“Hanya angan-angan saja dan tak pernah melihat gambar pahatan patung,” ungkap singkat Kiman.
Sejak masih muda darah seni pahat sudah mengalir di tubuh Kiman. Dari mulai pahat batu hingga pahat kayu jati yang cukup alot untuk pemahat seperti Kiman.
“Sejak masih muda saya sering berangan-angan dan jadi patung seperti kerajaan-kerajaan,” jelasnya sambil menghisap kretek rokok.
Disinyalir kata Kiman membuat patung dari kayu atau batu itu dirinya tak fokus dirumah saja. Namun, juga berada di hutan belantara dirinya melangsungkan karyanya.
Akunya, karena alam yang lebih nyaman untuk dirinya berkarya membuat patung. Sesekali dirinya untuk menyelesaikan penghalusan di rumah pribadinya.
“Semua kayu bisa dibuat patung. Namun saya lebih suka membuat patung yang keras dari seratnya,” tegasnya.
Kendati demikian, dirinya membuat patung seperti ‘Sabdo Palon’ kala waktu luang hanya membutuhkan waktu satu bulan saja dan tak perlu berlarut-larut.
“Kalau waktunya luang ya hanya butuh satu bulan saja sudah cukup,” katanya.
Tak butuh pemasaran melalui media sosial. Kiman hanya memanfaatkan jejaring pertemanan patungnya bisa diboyong orang dan mendapatkan uang.
Karesidenan Kediri, patung kiman laku terjual mulai harga 5 juta sesekali harga yang membuat Kiman tersenyum yaitu sampai 10 juta.
“Dulu pernah membuatkan Wakil Bupati Mahsun Ismail pada zamannya dari kayu besar,” ujarnya.
Kabar Trenggalek – Apa yang anda bayangkan tentang Tukang Bubur Naik Haji? Tentunya sebuah tayangan sinetron yang populer di kalangan…
Kabar Trenggalek – Kolektor tak jauh beda seperti sejarawan atau arkeolog. Mereka punya pengetahuan mendalam mengenai benda-benda bersejarah. Bedanya, pengetahuan…
Kabar Trenggalek – Herno Nurmanto sering kali beraktivitas di belakang rumah, di Desa/Kecamatan Pogalan. Berada di depan tempat perapian, perajin…
Kabar Trenggalek – Dua hari lalu adalah hari spesial bagi keluarga Muhadi. Sudah 30 tahun lamanya, kepala keluarga itu tidak…
Kabar Trenggalek – Kesuksesan Taman Watu Kandang sebagai desa wisata di Pandean, Kecamatan Dongko, tak lepas dari Ririn Setyo Widihastuti….
Kabar Trenggalek – Jhe Mukti, nama aslinya Mukti Satiti, adalah salah satu aktivis tolak tambang emas di Kabupaten Trenggalek, Provinsi…
Media berita online yang memuat isu publik perihal Trenggalek dan sekitarnya.
Media berita online yang memuat isu publik perihal Trenggalek dan sekitarnya.
Masuk menggunakan akun Anda




Fill the forms bellow to register



Please enter your username or email address to reset your password.



source

Warga Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang Antusias Ikut Perlombaan Ramaikan HUT RI ke-77 – Pos-Kupang.com
Warga Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang Antusias Ikut Perlombaan Ramaikan HUT RI ke-77 – Pos-Kupang.com
Laporan Reporter┬áPOS-KUPANG.COM, Ray RebonPOS-KUPANG.COM, KUPANG – Warga
Must read×

Top