banner 728x90

Taman Buah Lai Desa Batuah, Sekali Panen Bisa 80 Ribu Buah – Berita Kaltim

BERITAKALTIM.CO- Salah satu sentra produksi buah Lai di Kalimantan Timur, ternyata ada di Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara. Sekali panen, bisa tersedia 80 ribu buah.
Sayangnya ketika Wartawan Beritakaltim berkunjung ke Taman Belai (Benua Lai) di Desa Batuah, belum musimnya pohon-pohon itu berbuah. Hanya ada pohon-pohon rindang. Dan, saat ini oleh perangkat desa di bawah komando Kepala Desa Abdul Rasyid, kawasan taman buah itu ditata agar menjadi tempat wisata.
Ada 4 kolam pemancingan yang letaknya bersebelahan dengan Taman Belai. Kemudian dibangun juga gazebo untuk tempat peristirahatan, juga ada WC untuk melayani para pengunjug.
“Kita juga merencanakan pembangunan kolam renang, agar menjadi daya tarik bagi warga untuk datang ke sini,” cerita Abdul Rasyid kepada Wartawan Beritakaltim yang menemuinya, beberapa waktu lalu.
Cerita tentang taman wisata Belai memang sudah cukup santer. Beberapa media melakukan liputannya, bahkan juga dari stasiun televisi nasional. Bupati Kutai Kartanegara juga sudah datang ke situ dan mendorong agar Taman Belai menjadi ikon wisata di desa itu.
Taman wisata Belai luasnya 12 hektar. Usia pohon-pohon lai di situ, ada yang sudah sangat tua, sekitar tiga puluh tahun. Saat ini jumlah pohon lain yang berbuah ada sekitar 400 pohon. Menurut ahlinya, satu pohon jika pada musim panen, bisa berbuah hingga 200 buah.
Nah, bisa dibayangkan jika tiap pohon berbuah hingga 200 buah, maka jika dikalikan dengan 400 pohon akan diperoleh angka produksi buah dari desa itu sebanyak 80 ribu buah.
Angka produksi itu tentu sangat menarik dari sisi bisnis. Hal lain, jika pada musim panen, berpotensi besar menjadi daerah yang banyak dikunjungi warga. Terutama para pemburu dan penyuka buah Lai.
“Karena produksi itulah maka kawasan ini kami kembangkan,” ujar Abdul Rasyid.
Dari sejarahnya, taman buah lai itu adalah milik perorangan. Yaitu Hj Nani. Namun dia rela kebunnya tersebut dikerjasamakan dengan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Batuah yang sudah berdiri di sana. Hanya saja, bagaimana pola kerjasamanya, menurut Abdul Rasyid, belum diputuskan bagaimana bentuknya.
“Saat ini kami menyiapkan sarana lain, termasuk memperbaiki jalan masuk ke kebun,” kata dia. #
No More Posts Available.
No more pages to load.

source

Warga Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang Antusias Ikut Perlombaan Ramaikan HUT RI ke-77 – Pos-Kupang.com
Warga Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang Antusias Ikut Perlombaan Ramaikan HUT RI ke-77 – Pos-Kupang.com
Laporan Reporter┬áPOS-KUPANG.COM, Ray RebonPOS-KUPANG.COM, KUPANG – Warga
Must read×

Top