banner 728x90

Tunjukkan Rangkaian Pernikahan Adat Melayu, Pemkab Natuna Ajak Warga Lestarikan Budaya Nusantara – Tribun Batam

NATUNA, TRIBUNBATAM.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna memperkenalkan dan mengajak serta menjaga budaya nusantara dan makanan khas melalui panggung Seni Dendang Piwang, Sabtu (11/6/2022).
Panggung Seni Dedang Piwang ini sempat ditutup dikarenakan Pandemi COVID-19 dan kini telah kembali digelar sebab telah masuk ke era Endemi Covid-19.
Event yang diinisiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Natuna.
Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Natuna, Hadisun mengatakan, tujuan diadakannya panggung seni dendang piwang untuk memperkenalkan budaya nusantara kepada warga Natuna.
Karena kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat budaya mulai hilang dan perlahan dilupakan oleh masyarakat.
“Bukan hanya budaya Melayu nanti kita akan menampilkan budaya dari etnis lain,” ucapnya di Pantai piwang, Kecamatan Bunguran Timur, Minggu (12/6/2022).
Ia mengatakan, tujuan lain diadakannya panggung seni itu guna menjaga budaya yang ada dan menjadi sarana edukasi bagi masyarakat agar selalu diingat dan diharapkan dapat selalu lestari.
Baca juga: Bupati Wan Siswandi Lepas 46 CJH Asal Natuna, Calhaj Datang Lebih Awal ke Batam
Baca juga: Ketua TP PKK Natuna Tinjau Kegiatan BIAN, Septi Minta Masyarakat Dukung Program Pemerintah
Hadisun mengungkapkan, panggung seni itu akan digelar setiap Sabtu malam dan dilaksanakan setiap dua kali dalam sebulan.
Pada Sabtu 11 Juni 2022 salah satu budaya yang ditampilkan adalah budaya melayu, berupa tarian, musik dan rangkaian pernikahan etnis melayu.
Untuk rangkaian pernikahan dimulai dari arak-arakkan pengantin menuju ke rumah mempelai perempuan, kemudian dilanjutkan dengan penampilan silat dari perwakilan kedua pengantin, penyerahan seserahan dari pengantin pria, ijab kabul, penjemputan pengantin wanita dikamar dan ditutup dengan tepung tawar.

source

Must read×

Top