banner 728x90

Warga Mangga Dua Utara Ternate Kiriman Surat Terbuka untuk Presiden Joko Widodo – Tribun Ternate

TRIBUNTERNATE.COM – Sebanyak 54 kepala keluarga (KK) di Kelurahan Mangga Dua Utara, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate membuat surat terbuka, dengan membuat spanduk tuntutan ke Presiden RI, Joko Widodo.
Hal itu dilakukan lantaran, lahan di mana mereka tinggal diklaim kepemilikannya, oleh salah seorang bernama Decakra. Meski begitu, Decakra mampu memperlihatkan sertifikat hak milik (SHM).
“Sementara lahan itu di atas laut (rumah panggung), kenapa ada penerbitan SHM. Dalam aturan diatas laut, tidak bisa dibuat sertifikat, ini yang dipertanyakan oleh warga, “kata Ketua RW 06 Kelurahan Mangga Dua Utara, Jamrud H Wahab, Jumat (29/7/2022).
Sehingga melalui surat terbuka ini, ia berhadap harapan dan permintaan warga, sampai ke telinga Presiden RI, Joko Widodo dan Kementerian Pertahanan RI di Jakarta.
Baca juga: Kapolres Ternate Akan Ajukan Usulan Renovasi Gedung Polres Ternate
Di mana sengketa lahan tersebut, telah terjadi sejak tahun 2018, dan hal ini sudah berulang kali disampaikan ke Pemkot Ternate, namun tidak ada respon baik.
“Kami berharap surat terbuka yang kami sampaikan lewat baliho, sampai pada Presiden RI, Joko Widodo khususnya Menteri Pertahan. Ini lah upaya dan usaha dari warga Kelurahan Mangga Dua Utara, khususnya RT 14/RW 06, “ungkapnya.
Lahan yang warga tempati telah diklaim kepemilikannya, maka warga Kelurahan Mangga Dua Utara, mempertanyakan apakah lahan di atas laut itu, dapat dibangun sertifikat tanah atau tidak?
Karena berdasarkan aturan, tidak ada satupun perundang-undangan, yang mengisyaratkan bahwa laut bisa diterbitkan sertifikat hak milik (SHM).
“Tidak ada aturan yang mengisyaratkan penerbitan sertifikat hak milik diatas laut, “tegasnya.
Sedangkan Pemkot Ternate telah memberi respon yang baik, dengan akan membantu warga, jika prosesnya naik ke pengadilan.

source

Must read×

Top