banner 728x90

Wetland Park Cisurupan: Hidden Gem Air untuk Mengatasi Banjir – Kompasiana.com – Kompasiana.com

new account Graduate Community Education (Pendidikan Masyarakat) – Universitas Pendidikan Indonesia
Selanjutnya
Tutup

Bandung, 
Apasih yang terbayang dari kata BANDUNG? 

yap betul, pasti tempat wisata yang tidak ada habisnya!

Begitu banyak pilihan objek wisata yang ditawarakan di Bandung. Salahsatunya adalah Wetland Park Cisurupan yang beralamat di Cisurupan, Kecamatan Cibiru. Melansir dari humas.bandung.go.id, Wetland Park Cisurupan merupakan program pembangunan Pemerintah Kota Bandung dalam rangka meminimalisir risiko banjir di wilayah Bandung Timur, khususnya Gedebage.
Pada musim hujan, Wetland Park Cisurupan akan menjadi solusi jangka panjang sebagai penampungan air jika Sungai Ciloa meluap, sehingga tidak terjadi banjir di wilayah Gedebage dan sekitarnya. Sedangkan, pada musim kemarau, Wetland Park ini berfungsi menjadi tempat cadangan air. Selain berfungsi sebagai area terbuka hijau, penampungan sementara air dan  difungsikan menjadi wahana edukasi untuk memberikan informasi dan pengetahui mengenai pentingnya sistem ekologi.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Wetland Park dibangun di luas lahan 4,5 Hektar terdiri dari 19 kolam retensi, kolam ikan, jembatan, taman, lapangan, toilet, mushala, warung dan gazebo dan spot foto yang menarik. Pengelola wisata tidak menarik tarif untuk penggunaan Gezebo lohh , jadi pengunjung bisa menggunakannya untuk gathering, rekreasi bahkan bisa untuk arisan keluarga. 
Untuk saat ini, Wetland Park masih dalam proses pembangunan. Meskipun tergolong wisata baru, tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama di akhir pekan.  Kemudian, pengunjung dapat menikmati fasilitas disini secara GRATIS.
Kenapa gratis?
Karena, Wetland Park dibangun di lahan milik pemerintah Jawabarat, terkecuali parkir mobil/motor yang dikelola oleh warga dan karang taruna. 

source

5 Bumbu Dapur yang Ampuh Turunkan Kolesterol Secara Alami – detikFood
5 Bumbu Dapur yang Ampuh Turunkan Kolesterol Secara Alami – detikFood
ADVERTISEMENT Penyakit kolesterol tinggi kini dialami banyak
Must read×

Top